Semarang – Tol Trans Jawa menjadi salah satu jalur andalan bagi orang-orang yang akan menuju arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu persinggahan sejenak untuk rehat baik itu ke toilet ,isi bahan bakar atau isoma adalah du Rest Area KM 429.

Rest area Ungaran ini sekilas mungkin akan terlihat sama dengan rest area pada umumnya. Namun pemandangan alam yang terlihat di Rest Area KM 429 akan sangat memanjakan mata serta layak untuk diabadikan dengan swafoto untuk media sosial.

Karena terletak di kawasan dataran tinggi Kabupaten Semarang, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Ungaran yang menjulang tinggi di Rest Area KM 429 ini. Pemandangan gunung yang berdiri agung dengan suasana pepohonan hijau dan area persawahan di sekitarnya, membuat rest area Ungaran ini sangat cocok untuk disinggahi untuk beristirahat sejenak, serta cocok juga untuk diabadikan melalui swafoto untuk konten media sosialmu.

Kamu akan disuguhkan pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang apik, dengan cahaya yang meredup terhalangi oleh Gunung Ungaran jika sore menjelang malam.

Fasilitas yang ada di rest area Ungaran ini pun sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Jika lapar, kamu bisa mengisi perut di pujasera, angkringan, atau di beberapa restoran yang tersedia. Terdapat pula tempat parkir, SPBU, minimarket, masjid, hingga toilet.

Ada angkringan khusus yang menyediakan aneka hidangan warung pinggir jalan kita bisa ngopi atau ngeteh sesuai dengan keinginan kita. Selain itu ada juga nasi bungkus atau nasi kucing khas angkringan dengan aneka lauk. Lebih komplitnya ada aneka makanan kecil dan gorengan.

Jika butuh melakukan transaksi, tersedia ATM center yang juga bisa untuk mengisi saldo kartu e-Toll. Serta bagi kamu yang merasa suntuk dan butuh asupan kafein, tersedia pula gerai kopi yang buka hingga 24 jam agar kamu bisa mendapatkan asupan kopi untuk mengisi kembali energi dan menghilangkan kantuk.

Satu landmark yang jadi penanda Rest Area KM 429 bagi para pengunjung yang melintas adalah kubah masjidnya yang ikonis. Kubahnya yang besar tak hanya menjulang di bagian atas bangunan, melainkan membentang hingga seluruh lapisan atap dan mengurucut ke bagian lantai.

Kerangka pada kubah terbuat dari baja ringan yang melapisi seluruh bagian atap tanpa ditutupi plafon, sehingga kamui dapat melihat susun rangka baja ringan yang menyusun bagian kubah masjid. Suasana masjidnya sangat nyaman untuk beribadah, serta toiletnya pun sangat bersih.

Bagi para pengunjung yang lelah dan ingin beristirahat, disediakan pula tempat istirahat yang nyaman di masjid ini.