RADARWONOGIRI.COM-Orang tua kembali bernapas lebih lega pada tahun pelajaran baru ini. Buah hati mereka yang masuk SD dan SMP bakal mendapatkan seragam gratis dari Pemkab Wonogiri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri Sriyanto mengatakan, program seragam gratis menyasar siswa baru di kelas I SD. Mereka berhak mendapatkan tiga stel seragam.

“Tiga stel seragam itu terdiri dari putih merah, pramuka, dan batik. Berwujud baju, bukan bahan kain,” ujarnya, Jumat (14/7/2023).

Untuk siswa kelas VII SMP, juga bakal mendapatkan tiga stel seragam, yakni putih biru, pramuka dan batik. Namun untuk siswa kelas VII SMP, seragam yang diberikan masih berwujud bahan kain.

“Untuk siswa baru SMP, nanti menjahit sendiri. Kan ukurannya lebih dinamis,” kata dia.

Sriyanto menambahkan, seragam gratis untuk murid SD hanya membedakan anak laki-laki, perempuan. Dimungkin ada yang pakai hijab dan ada yang tidak.

Seragam itu biasanya dapat digunakan sampai beberapa tahun. “Yang SMP bahkan bisa sampai lulus,” ujarnya.

Kadisdikbud menuturkan, program seragam gratis bagi siswa baru SD dan SMP di Kabupaten Wonogiri sudah dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

Program itu juga mencakup MI dan MTs yang ikut program pendidikan gratis. Tujuannya untuk menunjang pendidikan di Wonogiri.

Sekaligus meringankan beban orang tua. Pendapatan keluarga bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. “Kemiskinan bisa berkurang logikanya begitu,” beber dia.

Anggaran yang dikeluarkan untuk program seragam gratis mencapai Rp 30 miliar. Menjadi satu dengan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Lalu kapan seragam gratis itu bakal dibagikan? “Realisasinya kami percepat. Jangan terlalu lama menunggu,” ucapnya. (al/wa)

Sumber Info : Radar Wonogiri