Jepara – Hari Minggu kemarin saya jalan jalan ke kota Jepara menyusuri mulai dari alon alon kota Jepara ke Barat Belok Kiri menuju pasar Jepara Satu selanjutnya belok Kiri menuju ke jalan menuju SCJ Jepara . Nah sampai di depann Kantor Bappeda Jepara saya meliohat ada Gerobag yang menjual Roti Kukus dan Roti Bakar

Penasaran ap aitu roti kukus sayapun berhenti nyamperin dan coba pedsan untuk dibuatkan Roti Kukus. Nah setelah mendekat saya baru tahu Roti kukus mirip dengan Bakpao . Kalau Bakpoa dikukus sama namun isiannya sudah menyatu. Namun jika Roti kukus ini belum ada isian sehingga isiannya bisa dipilih.

“ Untuk Isiannya ada aneka rasa mulai dari rasa coklat ,strowbery,blueberry,oreo . Untuk harganya mulai Rp 5 ribuan – Rp 9n ribu . Buka mulai jam 7 pagi sampai malam . Namun jika malam pindah ke SCJ tepatnya pinggir Kali “, kata Mas Fian pda kabarseputarmuria MInggu 18/6/2023

Usaha Roti Kukus dan Bakar ala Bandung ini sudah empat tahunan ia jalani . Selain di Jepara ada beberapa Cabang di kota kota kecamatan seperti Pecangaan , Mayong dan Welahan. Roti Bakar dan Kukus ini merupakan roti khas Bandung. Sehingga penjualnya rata rata perantaun dari Jawa Brat .Ia sendiri asli Cianjur.

Cara pembuatan roti Kukus maupun bakar ini cukup mudah. Roti sudah dibawa dari tempat kos yang langsung dipasok dari Bandung. Roti tersebut dibagi dua ada yang dimsukkan dalam dandang temnpat pengukusan. Sisanya di taruh di luar untuk yang beli Roti bakar.

Jika ada yang beli misalna yang bakar roti langsung dibelah menjadi dua kemudiaa dalamnya diberi isian rasa setelah itu dibakar dengan mentega . Agar rasanya lebih least terakhir diberi susu kental manis putih. Untuk yang kukus juga demikian setelah dibelah diberi isian tergantung permintaan setelah itu langsung diberi susu lalu dibungkus.

“ Ya yang Namanya jualan kadang ramai ya kadang sepi kalau ramai bawa banyak kalau suasana sepi ya bawa dikit. Jalani aja terus karena sudah pekerjaan ya setiap hari selalu berangkat . Mangkalnya sejak dulu hingga sekarang disini “, imbuh Mas Fian.

Nah bagi penggemar roti Kukus dan bakar yang belum pernah mencoba silakan datang ke area SCJ Jepara bagiann Barat jika pagi hari sampai siang dan malam harinya SCJ bagian Timur tepatnya dipinggir Kali Wiso. Ajak teman atau keluarga menikmati Roti kukus dan bakar sambal melihat pemandangan kota Jepara. (Muin)