Demak – Desa Tedunan kecamatan Wedung kabupaten Demak dulu termasuk desa Tertinggal.Namun saat ini menjadi salah satu desa juara yang warganya terus berkembang dengan aneka usaha. Saĺah satu warganya ada yang membuka usaha pembuatan serbuk minuman atau jamu berbahan baku jahe,Temulawak,kunyit ,serai,daun pandan,asam.Setelah dipadukan dengan gula dan bahan lain jadilah serbuk yang bisa dijadikan minuman yang menyehatkan tubuh.

Produk serbuk minuman ini sudah diproduksi sekitar 5 tahun yang lalu . Awalnya hanya berbahan baku Jahe saja ada jahe emprit dan jahe merah. Namun karena permintaan pasar akhirnya ada tambahan bahan lain sehingga produknya bertambah. Selain jahe segar ada Temulawak dan Kunyit asam yang di kemas bentuk pouch yang bagus dan mempunyai nilai jual tinggi di pasaran.

” Produk kami saat ini ada jahe segar dari jahe emprit dan jahe merah.Ada lagi Temulawak dan Kunyit asam.Untuk harganya eceran dari Rp 15 ribu – Rp 35 ribu tergantung kemasan juga rasanya. Namun untuk reseller ada diskon khusus sehingga sudah banyak teman teman yang memasarkan produk ini “, kata Subkhan (55) pemilik usaha jahe segar Girikusumo RT 03 RW 01 Desa Tedunan kecamatan Wedung kabupaten Demak pada kabarseputarmuria yang melihat dari dekat pembuatan minuman serbuk ini.

Subhan mengatakan ide awal pembuatan serbuk minuman ini dari iparnya Fachrudin Mujib yang kini tinggal di Girikusumo.Lepas dari pondok belum punya usaha kemudian mencoba membuat serbuk minuman berbahan jahe resep dari ibunya.Pertama buat sedikit dipasarkan ke teman teman kenalan dan santri santri pondok. Lama lama usaha berkembang sampai sekarang dan terus produksi tergantung permintaan. Jika permintaan banyak sekali buat sekitar 1 Kuintal jahe dan minimal produksi sekitar 30 Kg.

” Setelah Mas Mujib tinggal di Girikusumo produksi jahe segar ini saya teruskan .Namun pemasaran terus dilakukan oleh mas Mujib terkait semua ijin sehingga bisa pasarkan ke mana mana .Produk ini semua ada ijin ada PIRT dan sertifikat halal sehingga aman di konsumsi.Buatnya masih manual semua dengan tenaga manusia dan bahan alami.”, tambah Subkhan.

Untuk pembuatan jahe segar ini berawal dari penlmbersihan jahe lalu digiling dengan mesin sederhana.Hasil golongan jahe kemudian diperas dan diambil satunya saja.Setelah itu dipanaskan hingga mendidih selanjutnya diangkat didinginkan .Proses berikutnya ada pencampuran sari jahe dengan gula .Setelah bercampur rata kemudian proses kristalisasi dengan pemanasan kembali. Proses kristalisasi sekitar setengah jam dengan pemanasan tungku berbahan bakar kayu.

” Setelah setengah jam dipanaskan kemudian otomatis mengkristal kita tinggal mengaduk aduk terus hingga jadi serbuk .Setelah dingin baru kita kemas sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan.Kalau dihitung proses pembuatannya total butuh waktu dua jam mulai dari membersihkan jahe “, imbuh Pak Subkhan

Nah bagi anda yang berjiwa bisnis bisa gabung dengan owner jahe segar desa Tedunan Kecamatan Wedung kabupaten Demak ini.Ada beragam pilihan ukuran dan harga pastinya anda akan dapat keuntungan yang lumayan.Terutama para pemilik Warung kucingan bisa mencoba menjual dalam bentuk minuman jadi . Selain teh dan kopi bisa menjual jahe ,Temulawak dan juga kunyit asam. ( Muin )

Nama Usaha : Jahe Seger Girikusumo
Alamat : Desa Tedunan RT 03 RW 01 kecamatan Wedung kabupaten Demak
No HP : 081390577782