Demak – Meski saat ini jaman serba canggih namun namun kebiasaan lama masih dipertahankan. Salah satunya adalah bahan pembersih berupa abu gosok. Meskipun sekarang sudah ada cairan pembersih buatan pabrik. Namun Abu gosok ini masih dibutuhkan dan ada gunanya.

Melihat kondisi inilah Nastain Ahmad (35) warga desa Kedungmutih RT 01 RW 02 kecamatan Wedung ini berjualan abu gosok. Abu gosok yang dibeli karungan dari tempat pembakaran batu bata dari daerah Welahan. Di rumah ia bungkus kecil kecil lalu dibungkus besar satu paknya isi 10.

Abu gosok yang telah di pak rapi itu selanjutnya ia pasarkan secara langsung ke toko toko atau kios kios di pasar. Selain itu ia jug pasarkan via Face book dan Whatshap sehingga  pembeli ada yang memesan secara online. Usaha yang ditekuni sejak 6 bulan yang lalu kini mulai ramai pembeli.

“ Awalnya saya dagang garam dan ikan asin .  saat ini harga garam sangat mahal lalu coba coba jualan abu gosok bawa dikit dikit lama lama yang pesan  banyak. Bahkan ada beberapa bakul yang membeli dalam jumlah banyak “. Kata Nastain Ahmad pada kabarseputarmuria Sabtu 3/1/2023

Nastain mengatakan awalnya ia tidak kepikiran untuk berjualan abu gosok ini. Namun setelah laku di pasaran bahwa abu gosok ini banyak gunanya . Selain untuk membersihkan perabotan besar seperti dandang ,kuali dan  kenceng bekas pembakaran kayu. Abu gosok ini ada manfaatl lainnya misalnya untuk bahan pembuat telor asin, pembersih barang kena oli, mengeringkan tempat yang becek dan juga bisa untuk bahan campuran bata.

“ Setalah tahu abu gosok banyak yang cari akhirnya saya beli abu bekas pembakaran bata, Saya bawa karung dan isi lalu angkut sendiri. Jika sedikit biasanya tak bayar namun jika banyak kita beli pada pemilik pembakaran batu bata”. Imbuh Nastain Ahmad.

Sampai di frumah abu tersebut ia keringkan kembali dan diayak untuk memisahkan dengan kotoran. Setelah berish lalu dibungkus dengan plastic seukuran satu kilogram. Satu plastic besar ia isi 10 dan dijual perpaknya Rp 3.000 sehingga perbijinya Rp 300 rupiah. Jika dijual kembali oleh bakul perpaknya Rp 4.000 dan jika dijual eceran ada yang sampai Rp 1.000,-.

“ Alhamdulillah mulai lancar kemarin ada bakul dari Mayong ambil ke rumah langsung 200 pak besar . Selain bakul ambil sendiri saya juga setor ke toko dan pasar pasar tradisonal. Doakan saja semoga lancar terus dan bahan bakunya selalu ada “, kata Nastain Ahmad menutup sua. (Muin)

Nama Usaha      : Jual Abu Gosok

Pemilik Usaha   : Nastain Ahmad

No Kontak           : 089 608 991 295