Jepara – Nelayan desa Kedungmalang kecamatan Kedung kabupaten Jepara Sabtu 29/4/2023 menggelar acara selametan di Laut dalam rangka memeriahkan tradisi Syawalan.Ratusan perahu nelayan bergerak ke laut mengawal dua perahu yang membawa Kepala Kerbau dan ubarampe sebagai ungkapan rasa syukur. Setelah sampai di laut nelayan berdoa bersama memohon kepada Allah SWT agar diberi kesehatan keselamatan dan rezeki yang berlimpah.

Petinggi desa Kedungmalang Mustafiyatun pada kabarseputarmuria mengatakan, acara selametan dilaut ini murni swadaya dari para nelayan. Acara yang diadakan untuk kali kedua ini diadakan satu minggu setelah hari raya idul fitri seperti halnya yang digelar di Pantai Kartini Jepara . Untuk tahun ini ada dua kelompok nelayan yang berswadaya menggelar selametan di laut. Selain kepala kerbau juga ada nasi tumpeng dan jadah pasar.

Petinggi Kedungmalang 

” Kami selaku Pemdes Kedungmalang mengucapkan terimakasih kasih kepada warga yang menggelar tradisi syawalan ini.Harapan saya ke depannya acara lebih meriah dan nelayan bisa bersatu padu melaksanakan acara Slametan di laut. Semoga berkah dan membawa kebaikan desa Kedungmalang ke depannya “, kata Mustafiyatun.

Slametan ke laut yang di mulai pukul 08.00 mendapat pengamanan dari Polsek Kedung, Koramil Kedung dan juga BPBD Jepara. Nelayan bergerak dari bersama sama dari desa menuju ke laut lepas. Setelah berkumpul di pinggiran laut kemudian diadakan do’a bersama yang dipimpin oleh tokoh nelayan yang diamini oleh nelayan yang hadir. Selanjutnya perahu bergerak ke laut yang lebih tengah kemudian menurunkan kepala kerbau dan uborampenya.

Kapolsek Kedung AKP Anang Heriyanto,SE MH

Ditempat yang sama Kapolsek Kedung AKP Anang Heriyanto,SE MH menghimbau kepada semua nelayan yang mengikuti acara Syawalan untuk hati hati dan menjaga keselamatan keluarga.Mengecek kesiapan perahu dan mesin sebelum berangkat. Selain itu kapasitas penumpang harus dibatasi jangan berlebih.Gembira boleh tetapi harus menjaga keamanan dan keselamatan.

” Kami menghimbau juga kepada para nelayan untuk selalu mengecek kesiapan perahu dan mesin sebelum melaut. Selain itu juga melihat kondisi cuaca dilaut agar aman dan nyaman dalam mencari ikan dilaut. Jika kondisi cuaca ombak lebih baik istirahat dulu di rumah dan nanti cuaca membaik kembali melaut pesan Kapolsek Kedung.(Muin)