Jepara – Salah satu Madrasah Aliyah di kecamatan Tahunan yang mempunyai banyak prestasi Akademik dan Non Akademik adalah Madrasah Aliyah Swasta ” Zumrotul Wildan ” . Madrasah yang berlokasi di jalan raya Jepara – Kudus desa Ngabul ini bangunannya buasa seperti sekolah yang lain .Namun prestasinya segudang tidak hanya di tataran kabupaten Jepara saja , namun juga tingkat propinsi bahkan beberapa ada yang tingkat nasional.

Kepala MA Zumrotul Wildan H.Nur Kholis, S Ag,MPd pada kabarseputarmuria mengatakan, Madrasah yang dipimpinnya berdiri sejak tahun 2005. Berada di desa sehingga awal berdirinya siswanya hanya beberapa saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman siswa terus bertambah karena ada kesadaran warga untuk meneruskan sekolah anak anaknya. Sehingga di tahun 2023 ini sekolahnya mempunyai siswa sekitar 120 an dengan dua jurusan IPA dan IPS.

” Sekolah ini berdiri tahun 2005 yang sebelumnya sudah ada MTs . Untuk menampung lulusan dari MTs kemudian Yayasan membuka Madrasah Aliyah meski awal awal jumlah siswanya tidak banyak. Malah pernah satu kelas hanya ada 13 siswa sehingga siswa yang mengajar dengan guru banyak gurunya”, kata Nur Kholis mengenang.

Namun setelah berkhidmat lebih 15 tahun Madrasah ini sudah mendapatkan perhatian tersendiri khususnya untuk warga Ngabul dan sekitarnya . Apalagi saat ini MA Zumrotul Wildan merupakan salah satu MAS yang cukup berprestasi di kecamatan Tahunan. Di kejuaraan akademis semisal lomba olimpiade Mata Pelajaran prestasi MA Zumrotul Wildan cukup bagus Di tataran kabupaten Jepara. Selain itu ada beberapa siswanya yang mempunyai prestasi tingkat propinsi dan nasional.

H.Nur Kholis ,SAg ,MPd Kepala MA Zumrotul Wildan Ngabul Jepara

” Khusus untuk olah raga pencak silat MA Zumrotul Wildan di kejuaraan IPSI prestasinya sudah nasional. Sering atlet pencak silat wakil dari Madrasah ini mewakili Jepara ditingkat Nasional. Olah raga Pencak Silat Pagar Nusa ini menjadi salah satu kegiatan favorit di Madrasah ini “, tambah Nur Kholis PNS /ASN Depag yang ditugaskan di Madrasah ini.

Dorong Siswa Berprestasi Lanjut Kuliah

Terkait lulusan dari MA Zumrotul Wildan Nur Kholis mengatakan , beberapa tahun terakhir ini ketika pemerintah membuka seleksi mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah tanpa tes. Fihaknya mendorong memanfaatkan peluang ini untuk siswa siswanya meskipun mendapatkan kuota yang kecil . Hasilnya setiap tahun sekali ada siswanya yang terjaring di program ini. Namun kadang terkendala ekonomi orangtua kadang kadang ada keraguan mereka untuk lanjut kuliah.

Baca Juga : Fadhila Salsabila Alumni Ma Zumrotul Wildan Ngabul , Bersyukur Lanjut Kuliah Di Fisika Undip

” Tahun 2022 ada satu siswa kami yang lolos lewat seleksi siswa berprestasi masuk di Fisika Undip namanya  Fadhila Salsabila orang tuanya hanyalah merbot masjid dan tidak punya kartu KIP sehingga awalnya mau mundur.Namun karena kita support terus akhirnya Fadhila terus kuliah tanpa terkendala biaya dengan bantuan beberapa fihak. Untuk tahun 2023 ini kelihatannya ada lagi siswa kami yang lolos di program seleksi perguruan tinggi tanpa tes ini “, tambah Nur Kholis.

Prestasi Akademik MA Zumrotul Wildan Ngabul Jepara di tahun 2021 yang lalu

Terkait himbauan siswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah ini fihaknya mempunyai harapan untuk menyediakan dana talangan bagi siswa tidak mampu untuk tahun tahun awal sebelum beasiswa cair. Umumnya mereka diterima dahulu di perguruan tinggi sedangkan pengurusan beasiswa setelah mereka kuliah satu semester. Hal inilah yang kadang menjadi kendala bagi keluarga yang tidak mampu takut untuk mendaftar program KIP Kuliah.

” Beberapa tahun terakhir ini setiap tahun ada siswa berprestasi kami yang lolos kuliah dan mendapatkan beasiswa. Bahkan beberapa diantaranya ada uang sudah lulus dan bekerja. Saya ingin mereka menjadi penyemangat adik adiknya seterusnya “, kata Nur Kholis menutup sua. ( Muin ).