JEPARA – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meninjau tiga titik posko pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tiga pos itu terletak di Shopping Center Jepara (SCJ), Pelabuhan Jepara, dan di Welahan.

Saat pengecekan itu, Edy Supriyanta didampingi Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq, Asisten II Sekretaris Daerah Jepara Diyar Susanto, Kepala Dinas Perhubungan Trisno Santosa, dan perangkat daerah terkait.

Edy Supriyanta mengatakan pengecekan ini sekaligus untuk memastikan kelancaran Operasi Lilin Candi 2022.
“Semuanya berjalan lancar dan aman, tidak ada kendala,” ucap Edy Supriyanta, Senin (26/12/2022).

Di Posko Pengamanan Pelabuhan Jepara, Edy mendapatkan laporan bahwa ombak di perairan Jepara terpantau mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

Hal tersebut mengakibatkan sejumlah kapal dari dan menuju Jepara – Karimunjawa terganggu. Sehingga 356 turis domestik dan mancanegara untuk sementara waktu masih terisolir di Karimunjawa.

“Seluruh wisatawan di Karimunjawa terpantau dengan baik, rencananya besok akan dievakuasi menggunakan Kapal Feri Kelimutu menuju Pelabuhan Tanjung Emas,” kata dia.

Edy Supriyanta juga menyampaikan jika seluruh wisatawan akan mendapat fasilitas berupa penginapan gratis di wisma pemda. Selain itu besok wisatawan yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan mendapatkan transportasi gratis menuju Jepara.

Saat mengunjungi Posko Pengamanan Nataru, Edy Supriyanta bersama Forkopimda menyerahkan sejumlah bantuan logistik untuk petugas yang berjaga.

Harapannya bantuan tersebut dapat memberikan tambahan semangat bagi para petugas sehingga perayaan Nataru di Jepara berjalan aman dan kondusif.