Demak – Bupati Demak Hj. Eistianah 2 November 2022 telah melantik 182 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak yang diselenggarakan 16 Oktober 2022 . Dalam pidato pelantikannya Bupati Demak berharap Kepala Desa baru 6 tahun ke depan bisa meningkatkan kesejahteraan warganya . Selain itu juga bisa bekerja dengan mitra sesame pemerintahan di desa yaitu BPD.

Salah satu kepala desa yang ikut dilantik adalah Haryanto,SH,MH yaitu Kepala Desa Banjarsari kecamatan Sayung.  Pria yang telah 17 tahun meninggalkan desanya itu awalnya tidak punya niat untuk memimpin desa kelahirannya. Namun karena permintaaan kawula muda di desanya iapun kembali pulang kampung untuk ikut kompetisi pilkades.

“ Awalnya saya tidak ada niat untuk menjadi kepala desa namun karena sebagian warga utamanya para pemuda ingin ada perubahan di desa Banjarsari. Nawaitu saya terima amanat itu meski harus bersaing dengan calon yang lain. Alhamdulillah dalam pilkades kemarin saya unggul dan selisihnya lebih 1000 suara “, ujar Haryanto pada kabaredemak yang menghubunginya via gawai.

Dengan terpilihnya dia menjadi Kepala Desa baginya ada tantangan yang harus diwujudkan yaitu bagaimana seluruh warga desa Banjarsari ikut memiliki desanya. Oleh karena itu sesuai dengan amanat Bupati Demak ia kan bekerjasama dengan semua fihak utamanya perangkat desa dan juga BPD. Sebagai pimpinan pelayan masyarakat atau warga ia harus  berani menata birokrasi yang ramah dan santun dengan warga.

“ Memang menata birokrasi di desa butuh waktu dan kesungguhan karena menyangkut orang banyak, Namun saya akan lakukan itu sebagai tahap awal kinerja saya sebagai Kepala Desa. Dengan birokrasi desa yang tertata baik sesuai dengan tupoksinya akan membuat pelayanan warga lebih baik “, papar Haryanto yang dikenal juga sebagai pengabdi Hukum di LBH Demak Raya.

Selain itu agar berkah dalam menata desa ia mengajak kepada seluruh warga desa untuk mengingat para leluhur desa .Oleh karena itu dalam setiap kesempatan penyelenggaraan acara di rumah rumah warga desa Banjarsari ia titipkepada warga untuk mengirim arwah leluhur. Ia berharap dengan mengingat arwah leluhur seluruh warga desa akan beroleh keberkahan dan kelancaran dalam setiap hal.

Terkait desanya yang juga mulai terkena abrasi Haryanto mengajak kepada seluruh warga untuk ikut dalam kegiatan pencegahan yaitu penanaman mangrove. Oleh karena itu ia kan bekerjasama dengan berbagai fihak utamanya pemerintah agar desa Banjarsari ke depan tidak terkena abrasi seperti desa tetangga. Penanganan sejak dini harus dilakukan untuk menghambat abrasi.

“ Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa Banjarsari yang telah meberi amanat kepada saya sehingga terpilih menjadi Kades yang baru. Banjarsari adalah milik kita bersama mari kita bangun dan kelola bersama dengan sebaik baiknya. Saya terbuka menerima usulan masukan maupun kritik yang membangun”, ujarnya Haryanto dalam pidato usai menerima SK Bupati di halaman rumahnya. ( pak Muin )