Demak – Saat ini baru viral vidio jembatan kayu yang mengerikan yang setiap hari dilewati ribuan warga. Setidaknya ada warga di empat desa yang melewati jembatan ini dua diantaranya desa Kedungwaru Lor Demak – Setro Kalangan Kudus.

Jembatan sepanjang kurang lebih 40 meter ini sudah 70 tahun dilewati warga dengan cara membayar .Saat ini biaya untuk sekali menyeberang Rp 2.000 meski membayar warga tetap lewat jembatan ini jika tidak mereka harus memutar lebih 20 km. Oleh karenanya keberadaan jembatan ini tetap dibutuhkan oleh ribuan warga.

 

Harjo Sukron Perangkat Desa Kedungwaru Lor kecamatan Karanganyar mengatakan jembatan kayu perbatasan Demak dan Jepara itu sudah lama ada. Jembatan itu hasil swadaya beberapa warga sehingga warga yang lewat dikenakan biaya setiap kali lewat.Jembatan ini lebarnya hanya 1 meter sehingga warga yang lewat harus antri satu persatu agar tidak terjadi kecelakaan.

” Ya karena kurang hati hati atau kondisi jembatan yang licin ada juga warga yang terpeleset dan jatuh ke sungai.Jadi kami himbau warga yang lewat untuk hati hati ” kata Harjo

Di tambahkan jika musim hujan jembatan kayu tidak kuat menahan derasnya arus sungai Wulan.Sehingga jembatan kayu di bongkar dan digantikan perahu untuk menyeberangkan warga. Memang dengan perahu ini perlu hati hati dan kewaspadaan baik operator perahu maupun warga yang menyeberang.

” Untuk pengajuan pembangunan jembatan ini sudah berkali kali kita ajukan namun sampai saat ini belum terealisasi .Mudah mudahan dengan informasi ini lewat berbagai media ada tanggapan dan realisasi dari Pemerintah ” , harap Harjo Sukron via kanal Youtube DeTPi yang saat ini viral ( Pak Muin )