Jepara – Hujan beberapa hari di buan Januari membuat sejumlah sungai meluber airnya selain kerih juga lirannya cukup kencang. Namun hal ini merupakan rejeki tersendiri bagi pemburu ikan selain warga kiri kanan sungai . Banyak pela warga dari luar desa yang datang berburu rejeki.

Seperti yang terlihat disepanjang kali kenceng desa Tedunan kecamatan Kedung hari Mniggu (16/1) terlihat puluhan warga menunggu datangnya ikan masuk ke dalam perangkap berupa branjang anco dan juga mata pancing. Mulai pagi hari sampai sore hari warga terus berdatangan berdiri dan duduk di sepanjang sungai.

“ Sudah beberapa hari ini semenjak sungai mulai tinggi airnya dan alirannya kencang warga berburu ikan di sepanjang sungai dan saluran air dipinggir pingir sawah. Ikan yang masuk perangkap diantaranya Nila , gabus , Mujaher dan Betik. Namun yang banyak ikan Nila tadi pagi ada yang dapat besar besar “, kata Rosyad warga desa Tedunan pada kabarseputarmuria.

Rosyad menambahkan sungai di desa tedunan cukup panjang dan juga banyak cabangnya . Sehingga jika musim hujan tiba banyak warga luar desa yang datang ke sungai untuk memburu ikan. Ada macam macam alat untuk memburu ikan mulai dari pancing ,bubu , anco sampai denga menembak.  Jika mereka beruntung mereka bisa membawa pulang ikan cukup banyak.

“ Meskipun kadang luapan air membawa bencana masuk ke rumah warga saking tingginya , namun bagi pemburu ikan hal ini merupakan rejeki tersendiri . Merea menunggu air suingai tinggi aliran besar karena membawa banyak ikan “, tambah Rosyad.

Nah bagi anda yang memounyai hobi memburu ikan bisa datang ke desa desa yang banyak aliran sungainya. Selain desa Tedunan ada desa Karangaji , Kedungmalang , Panggung , surodadi , Kalianyar di kecamatan Kedung uang menjadi sasaran para pemburu ikan. (Muin)