Jepara – Buah Durian Jepara dulu dikenal sebagai buah Durian yang dicari orang luar Jepara karena kelezatan rasanya. Sehingga buah berduri dari Jepara ini dipasarkan hingga keluar dari Jepara karena jumlah pohonnya yang masih banyak.Namun kini profuktifitas buah Durian Jepara semakin turun justru buah Durian luat kini membanjiri pasar di Jepara.

Hal itu dikatakan Pratikno Ketua Partai Nasdem Jepara yang dihubungi kabarseputarmuria terkait turunnya produktifitas buah Durian di Jepara. Buah Durian yang dijual di Jepara ini tidak hanya produk lokal Jepara bahkan disinyalir lebih banyak dari luar Jepara.Selain dari daerah disekitar Jepara seperti Kudus , Semarang,Temanggung bahkan Durian dari luar Jawa dipasarkan di Jepara.

” Bahkan buah Durian dari Sumatera sudah masuk dan dijual di Jepara ,ini kan cukup disayangkan ,kata Pratikno yang ketua Partai Nasdem Jepara.

Melihat kondisi itulah ia mempunyai gagasan untuk Jepara kembali menanam berbagai macam buah buahan utamanya Durian.Oleh karena itu dari koceknya pribadi ia memberikan bantuan berbagai bibit buah kepada warga yang membutuhkan.Kegiatan menanam telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu yang dipusatkan di desa Batu Kali kecamatan Kalinyamatan.Selain padi juga diserahkan berbagai macam bibit buah kepada warga desa yang dipusatkan di desa Gerdu.

Di desa Mulyoharjo ia juga menyediakan berbagai macam bibit buah unggul diantaranya Durian dan buah lainnya disediakan untuk warga Jepara yang mau menanan. Bibit biah itu ia sediakan secara cuma cuma bagi warga yang ingin menanam. Itu semua ia lakukan untuk memanfaatkan lahan subur di Jepara agar ijo royo royo dengan tanaman buahnya. Buah apa saja tumbuh di tanah Jepara yang subur.

” Jepara itu tanahnya subur sehingga harus kita manfaatkan sebaik baiknya lahan lahan kosong milik warga dimotivasi untuk diberikan bantuan bibit buah unggul agar cepat berbuah itu tugas dari pemerintah .Tidak itu saja lahan tidur milik pemerintah kalau bisa juga diberdayakan untuk pengembangan tanam buah buahan untuk peningkatan ekonomi warga masyarakat “,tambahnya

Terkait pengembangan buah Durian di Jepara ia mengharapkan pembinaan dan pengembangan Durian Juara di Jepara yang setiap tahun digelar lomba. Misalnya tindak lanjut untuk pemasaran dan juga pengembangan tanamannya. Sehingga Pemerintah Jepara lewat Dinas terkait bisa memberikan label dan memasarkannya ke luar Jepara .Selain itu juga bagaimana tanaman Durian Juara di Jepara bisa dikembangkan lebih luas lagi di Jepara.

” Contohnya buah Durian Tarmin di Jepara yang Juara 1 rasanya sangat enak saya sudah pernah merasakannya .Faktanya pemilik akan memasarkannya lewat Dinas kesulitan terkait labelisasi .Inilah yang saya harapkan Pemerintah Jepara bisa memfasilitasi bagaimana Durian Juara Jepara ini bisa terus dikembangkan baik budi daya dan pemasarannya ” ,kata Pratikno menutup sua.(Muin)