Demak  – Harga bawang merah yang anjlok sangat meresahkan para petani, terlebih kondisi panen bawang merah saat ini hasilnya bagus.Namun berlaku hukum ekonomi jika pasokan banyak akan  harganya anjlok akibat panen raya yang bersamaan. Sebagai bentuk kepedulian Pemkab Demak kepada para petani, Bupati Demak melakukan gerakan ASN Membeli Bawang Merah. Kegiatan ditandai dengan penyerahan bawang merah kepada perwakilan ASN, Selasa (16/11/2021) di halaman gedung B Setda .

Bupati Demak  Eisti  menyampaikan  gerakan ini sebagai wujud kepedulian Pemkab kepada para petani, khususnya di Desa Kunir dan di daerah-daerah lain dengan membeli bawang merah perkilonya Rp15.000,-.Dengan di beli harga yang bagus petani tidak mengalami kerugian dan tetap bersemangat menanam bawang merah

“Satu ASN kita wajibkan membeli 2 kilo, dengan perbandingan harga yang diambil tengkulak sebesar 9.000 sampai 10.000, “Jelas Bupati. Bupati berharap dengan adanya kegiatan dapat memberikan manfaat untuk semuanya baik dari petani dan ASN.

Dijelaskan oleh Bupati pembelian awal masih tiga ton, dan ke depannya masih di data lagi berlanjut sekitar enam ton. “Kita bagi di daerah-daerah penghasil bawang merah. Mohon maaf tidak bisa memuaskan semua pihak petani, kita sudah berusaha melakukan pemerataan, “Tuturnya. Beliau menambahkan Perlu strategi dalam konsep tanam panen dalam lingkup pertanian, dengan cara menjalin kerjasama dengan perusahaan dan UMKM.

“Hasil bumi diharapkan tidak lari ke daerah lain dan dibeli lagi oleh konsumen kita. Oleh karena itu, Pemerintah sedang merencanakan pasar sentral untuk menampung hasil petani. Dalam hal ini pedagang tidak perlu mencari barang ke daerah luar, dengan demikian kesejahteraan petani dapat ditingkatkan, “ Pungkasnya. (Prokompim).

Selengkapnya: https://setda.demakkab.go.id/bupati-lakukan-gerakan-asn-membeli-bawang-merah/