Jepara – Gelaran Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Pecangaan telah di gelar Sabtu 18 /8/2021 . Seluruh siswa menggunakan hak pilihnya secara online menggunakan aplikasi Google Clasroom. Pada hari pemilihan itu seluruh siswa membawa telepon gengam android  untuk memilih. Sedangkan yang tidak membawa mereka difasilitasi sekolah menggunakan PC di lab computer sekolah. Selain siswa Seluruh Guru dan Karyawan juga ikut memilih Ketua OSIS dengan cara online.

Kepala SMPN 1 Pecangaan Sari Indriyani, SPd ,MPd pada kabarseputarmuria mengatakan ,kegiatan rutin tahunan ini merupakan kegiatan agenda sekolah dalam rangka memupuk rasa demokrasi siswa.  Selain itu juga memrupakan praktek pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang didalamnya ada materi kehidupan berdemokrasi. Sehingga semua siswa diberikan hak pilih dan sekaligus menggunakan hak pilihnya untuk memilih Ketua OSIS ( Organisasi Suiswa Intra Sekolah).

“ Acara semacam ini sudah kita gelar setiap tahunnya dan merupakan kegiatan yang diagendakan setahun sekali. Semasa sebelum pandemi covid 19. Gelaran acara Pilkatos ini cukup meriah sekali kita buat seperti Pemilu ada panitia , ada TPS ,ada Kotak Suaranya ya mirip Pemilu Pemilihan Presiden dan DPR gitulah “, kata Sari Indryani .

Ditambahkan untuk tahun ini ada 4 siswa yang maju menjadi calon Ketua OSIS SMPN 1 Pecangaan 2021-2022 masing masing : 1. Ahmad Daffa Baihaqi kelas 8 F 2.Deandra Fritsa kelas 8 A 3. Sandayani Hilmah Kelas 8 G 4. Labib Ahsan Amrullah kelas 8 I . Sebelum acara pemilihan masing masing calon menyampaikan Visi dan Misinya dihadapan seluruh pemilih. Selain itu ada juga debat antar calon untuk mengukur kemampuan mereka dalam menyampaikan pendapat.

“ Kita berharap calon Ketua OSIS yang jadi nantinya bisa mengorganisir semua siswa dalam berbagai kegiatan . Tanpa mereka sekolah tidak bisa secara maksimal memberikan pembinaan kepada semua siswa . Lewat Pengurus OSIS inilah nantinya semua kegoatan siswa bisa berjalan dengan baik  “, tambah Sari Indriyani,.

Hal sama dikatakan Drs. Bambang Dwi Joko ISH, MPd guru SMPN 1 Pecangaan Pengurus OSIS merupakan mitra sekolah dalam melaksanakan program sekolah terkait dengan kegiatan siswa non akademik. Misalnya kegiatan ektra kurikuler , kegiatan keagamaan , kegiatan social dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya Pengurus OSIS ini diharapkan kegiatan siswa di sekolah berjalan lancar tanpa kendala.

Selain itu Organisasi OSIS ini merupakan pembelajaran karakter siswa secara langsung . Dalam organisasi OSIS ini akan tercipta siswa yang bertanggung jawab , kerjasama , persatuan dan kesatuan dan salah satunya mendidik anak dalam praktek berdemokrasi .Oleh karena itu Bambang berharap Ketua yang terpilih bisa mengorganisir siswa lain yang tergabung dalam kepengurusan OSIS pada tahun 2021-2022.

Setelah diadakan pemilihan secara on line via GC dari keempat siswa yang maju sebagai calon Ketua OSIS Periode 2021-2022 dengan perolehan suara sebagai berikut : Nomor urut 01. Ahmad Daffa Baihaqqi memperoleh 443 suara,Nomor urut 02. Deandra Fritsa memperoleh 315 suara,Nomor urut 03. Sandayani Hikmah memperoleh 65 suara Nomor urut 04. Labib Achsan Amrullah memperoleh 49 suara. Sehingga yang roda kepemimpinan OSIS di SMPN 1 Pecangaan satu tahun ke depan di pegang Daffa Baihaqi kelas 8 F . ( Muin)