Demak – Nailis Saadah yang kini tinggal di desa Kedungmutih RT 01 RW02 kecamatan Wedung merupakan salah satu pengrajin tempat parcel berbahan baku triplek,bamboo dan rotan. Usaha yang ditekuninya ini sudah lebih sepuluh tahun sejak ia masih gadis . Setelah berumah tangga dan kini dikaruniai dua anak ia tetap menjalankan pekerjaannya disela sela sebagai ibu rumah tangga.

“ Saya berasal dari desa Teluk Wetan kecamatan Welahan Jepara , sejak kecil saya sudah belajar membuat tempat parcel seperti ini. Setelah berumah tangga pindah ke Demak saya tetap jalankan pekerjaan ini dan disini suha empat tahun berjalan “, kata mbak Nailis pada kabarseputarmuria yang menyambangi rumahnya Kamis (10/2)

Istri Ali Zaeroni yang bekerja serabutan ini mengatakan , pembuatan tempat parcel bisa menambah pemasukan untuk keluarganya . Sehari hari disela sela pekerjaan rumah tangga seperti mengasuh anak , memasak dan mencuci ia bisa membuat 10 set tempat parcel lamaran seharinya. Jika dirupiahkan ia bisa mendapatkan penghasilan Rp 40 ribu – Rp 50 ribu sehari.

“ Ya kalau kerja keras sehari bisa bikin sampai 20 set yang setiap setnya berisi tiga tempat parcel . Namun jika santai ya 10 set dapat rata rata perset bisa dapat hasil Rp 4 ribuan “,tambahnya Nailis.

Pekerjaannya sebagai pengrajin tempat parcel ini mengambil orderan di desa Teluk Wetan Welahan . Oleh karena orderan dari bos maka pembuatan tergantung dari perintah bos. Jika pesanan dari bos banyak maka iapun mendapatkan hasil yang lumayan banyak. Namu ketika bos tidak mendapatkan orderan iapun tidak membuat tempat parcel ini.

“ Pandemi corona ini membuat saya tak ada pekerjaan selama empat bulan . Biasanya dapat penghasilan tambahan corona ini tidak ada . Alhamdulillah bulan Maret ini sudah ada orderan meski masih sedikit sehingga saya membuat lagi. Kemarin ada beberapa bahan yang dibuang karena jamuran ketika tidak orderan “, kata Nailis lagi.

Jika kondisi normal tak ada pandemic usaha membuat tempat parcel ini menurut Nailis prospektif untuk dikembangkan. Oleh karena itu bagi siapa saja yang ingin belajar membuat parcel seperti dirinya bisa datang ke rumahnya . Ia akan mengajarinya sampai bisa dan mendapatkan penghasilan. Selain itu jika ada yang butuh tempat parcel ini bisa datang ke rumahnya di desa Kedungmutih tepatnya di dekat pasar Kuliner Kedungmutih . (Muin)