Demak (26/8) – Bertempat di Ballroom Kantor Wakil Bupati Demak (Lantai 1) dilaksanakan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah Lomba Kampung Juara Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2020.

Hadir dalam acara tersebut Bapak Joko Sutanto Wakil Bupati (Wabup) Demak dan Bapak dr. Singgih Setyono Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Demak.

Kampung Juara sebagai perwujudan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan perumahan atau permukiman yang bersih, indah, sehat dan sebagai bentuk kolaborasi serta partisipasi masyarakat dalam penanganan lingkungan kumuh.

Juri lomba ini berasal dari tim Kelompok Kerja (POKJA) Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Demak.

Ibu Nurul Prasetyani ST, M.Si (Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Demak), menuturkan bahwa beberapa kriteria dalam penilaian Kampung Juara antara lain Kebersihan, Pengelolaan Persampahan, Penghijuan, Ketertiban, Keindahan dan kelembagaan masyarakat.

Peserta diminta untuk mematuhi aturan yang sebelumnya telah disepakati bersama antara panitia dan semua perwakilan peserta pada technical meeting (15 Juli 2020) sehingga proses lomba dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan dengan terselenggaranya Lomba Kampung Juara tingkat Kabupaten Demak Tahun 2020 ini, masyarakat menjadi lebih perhatian dalam upaya menjaga kebersihan, keindahan lingkungan, dan pengelolaan persampahan.

Berikut ini, hasil penilaian dan hadiah bagi para juara :

Juara I :
Kampung 76
Desa Batursari
RT 7 dan 6 RW 30,
Kecamatan Mranggen
dengan nilai : 1.148
berhak atas hadiah Pembangunan senilai 130 Juta rupiah.

JUARA II :
GANG BUGENFIL
Desa Buko
RT 02 RW 03
Kecamatan Wedung
dengan nilai : 1.094
berhak atas hadiah Pembangunan senilai 120 Juta rupiah.

JUARA III :
GANG JAMBU
Desa Kedondong
RT 1-3 RW 5
Kecamatan Demak
dengan nilai : 1.082
berhak atas hadiah Pembangunan senilai 100 Jita rupiah.

Sementara untuk Desa Kalikondang Kecamatan Demak (Juara harapan 1), Desa Turirejo Kecamatan Demak ( Juara harapan 2), dan Desa Sriwulan Kecamatan Sayung (Juara harapan 3) masing-masing menerima hadiah berupa pembangunan senilai 50 juta rupiah.

Kepala Desa Buko,
Slamet Wahono menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya Lomba Kampung Juara tingkat Kabupaten Demak Tahun 2020, Semua peserta adalah Juara dan yang terbaik dilingkungannya masing-masing. Perubahan wajah lingkungan kampung menjadi lebih baik, sejuk dan berwarna-warni adalah bukti bahwa masyarakat masih peduli terhadap lingkungannya.

Dihubungi melalui telpon selulernya Pak Kades Buko berpesan ‘Mari saling memperkuat kebersamaan dan gotong royong antar warga di desa untuk membantu menuntaskan program Kabupaten Demak bebas kumuh’.

(Dwi Cahyo_)