Jepara โ€“ Jepara kini mempunyai dua alon alon kota . Yang pertama adalah alon alon utama atau alon alon 1 yang terletak di depan Kantor Bupati Jepara. Sedangkan alon alon 2 letaknya di sebelah selatan Terminal Kota Jepara dan sebelah Barat Gedung Haji Jepara. Luasnya memang tidak selebar alon alon utama. Namun alon alon ini fungsinya sama dengan alon alon utama.
Salah satunya adalah sebagai ruang public yang bisa digunakan warga Jepara utamanya untuk berolahraga jalan atau lari. Dengan bentuk oval warga Jepara bisa berolah raga jalan atau lari mengelilingi alon alon. Selain itu warga juga bisa duduk duduk di bangku panjang bersantai di sekeliling alon alon.
Mashudi warga Jepara mengatakan semenjak ada alon alon 2 ini ia bersama teman temannya mempunyai jadwal berolahraga jalan pagi di tempat ini. Jika semua hadir ada sekitar 50 orang ,namun jika hari hari biasa paling 10-15 orang. Selain komunitsnya masih ada lagi warga Jepara yang memanfaatkan alon alon 2 untuk berolahraga.
โ€œ Saya bersama teman teman sudah lama menggunakan alon alon 2 ini untuk kumpul kumpul. Saya juga sediakan minuman air putih gratis untuk semua warga yang berolahraga disini. Kadang kadang ada juga yang sedekah makanan kecil โ€œ, kata Mashudi pada kabarseputarmuria Selasa (28/1).
Memang Alon Alon 2 nyaman untuk berolah raga pagi bagi warga Jepara. Selain suasananya yang tidak begitu ramai juga kondisinya cukup bersih. Pagi hari petugas penyapu jalan sudah bekerja membersihkan kawasan Alon Alon 2 ini . Sehingga kondisi jalan beton untuk lari atau jalan bersih ,begitu juga kondisi lapangan rumput juga bersih dari sampah.
Nah bagi anda warga Jepara yang ingin berolahraga bersama keluarga bisa datang ke alon alon 2 Jepara. Tidak hanya itu Alon Alon 2 Jepara ini juga sering digunakan untuk pentas music atau acara lainnya yang di hadiri banyak pengunjung. (Muin)