Demak – Desa Kedung karang kecamatan Wedung kabupaten Demak adalah salah satu desa yang sudah menjalankan Dana Desa untuk pembangunan phisik. Dari Dana Desa Pencairan pertama desa ini telah merealisasikan betonisasi jalan tranportasi garam yang menghabiskan Dana sekitar 290 juta rupiah. Jalan beton yang menghubungkan jalan raya ke area tambak garam di desa Kedungkarang ini menjadi salah satu jalan lalu lintas perdagangan garam.

Muhibi Kepala Desa Kedungkarang pada kabarseputarmuria mengatakan, di kecamatan Wedung ada empat desa yang melakukan kegiatan phisik Dana Desa sebelum intruksi pengalihan Dana Desa untuk kegiatan Covid 19. Sehingga ketika Dana Desa tahap I cair iapun melaksanakan kegiatan betonisasi jalan transportasi garam. Betonisasi jalan ini sebagai rangkaian pembangunan Gudang Garam Negara dari KKP pusat.Dengan adanya jalan ini pengangkutan garam dari lahan ke jalan raya semakin mudah dan cepat.

” Sebenarnya selain jalan beton yang dibiayai Dana Desa ,ada juga pembangunan jembatan namun karena ada Covid 19 pembangunan Jembatan kelihatannya pending .Dana yang dipergunakan untuk Jembatan dialihkan untuk penanganan Covid 19″,kata Muhibi.

Dengan adanya betonisasi jalan dan pembangunan jembatan yang menuju ke area tambak perdagangan garam menjadi lancar.Harga garam yang murah di lahan setelah adanya jalan dan jembatan dipastikan ada kenaikan karena transportasinya lebih mudah dan murah .Sebelum ada jembatan garam yang dijual membutuhkan biaya yang besar karena transportasi yang jauh menuju ke jalan raya.

” Setelah jalan dan jembatan jadi .Garam dari lahan petani bisa satu kali jalan menuju ke GGN atau jalan raya. Tentunya ini memangkas biaya angkut sehingga harga garam ditingkat petambak ada kenaikan “,tambah Muhibi yang menjabat Kades baru satu periode.

Berkaitan dengan harga Garam Muhibi mengatakan,setahun ini harga garam terhitung rendah dan belum ada kenaikan. Harga garam terakhir dilahan berkisar Rp 20 ribu – 30 ribu tergantung lokasi tambak garam.Semakin jauh dari jalan raya harga garam semakin rendah dan sebaliknya.Saat ini stok garam di lahan masih banyak dan satu bulan lagi petambak garam akan panen. (Muin)