Jepara – Bertempat di Gedung Haji kabupaten Jepara (9-11/9/2019) telah berlangsung sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga yang diikuti 570  peserta dari PAUD jenjang kelompok bermain dan TK taman kanak kanak ,SD ,SMP ,PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat serta berbagai unsur organisasi dan instansi terkait. Peserta dibagi dalam tiga gelombang setiap gelombang 190 peserta .

Kepala Disdikpora Jepara Agus Tri Harjono,SH MM mengatakan keberhasilan pendidikan di Satuan Pendidikan adalah hasil kolaborasi Tri Sentra Pendidikan yaitu Keluarga,Satuan Pendidikan dan Masyarakat. Oleh karena itu peran Pndidikan keluarga sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di satuan pelajaran.

“ Bapak Ibu pendidikan Keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama bagi anak anak .Mulai di dalam kandungan , kemudian lahir hingga tumbuh dewasa.Keterlibatan keluarga dalam pendidikan dapat mencegah dan mengurangi berbagai pengaruh negative pada anak “, kata Agus Tri Harjono.

Ditambahkan Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari program Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Kemendikbud. Kabupaten Jepara ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan ini bersama delapan daerah lainnya. Sasaran utama pendidikan keluarga kata Agus adalah pelibatan keluarga yang anaknya masih bersekolah di jenjang PAUD Pendidikan Anak Usia Dini sampai SMA/SMK . Juga Program kesetaraan mulai Paket A – C.

“ Peraturan Dasarnya adalah Permendikbud  No tahun  tentang Pelibatan Keluarga Pada penyelenggaraan Pendidikan . Diharapkan dengan sosialisasinya semua yang hadir tahu dan mengerti akan pentingnya pendidikan keluarga demi keberhasilan siswa atau putra putrid mereka “, jelas Agus Tri Harjono.

Bintek berlangsung seru dan aktif  dengan narasumber dari Ditjen PAUD dan Dikmas dan juga Narasumber dari Kantor Disdikpora Jepara. Peserta tampak memperhatikan dengan seksama materi yang disajikan narasumber. Bagi peserta Pendidikan Keluarga sangat penting bgi mereka demi keberhasilan putra putrid dan juga para siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah masing masing.(Muin)