Pati – Salah satu obyek wisata di kabupaten Pati adalah Gua Wareh yang terletak di desa Kedu Mulyo kecamatan Sukolilo . Selain menyuguhkan panorama diatas bukit yang indah pengunjung juga disajikan segarnya air yang luar dari dalam tanah. Ya Gua Wareh adalah paduan Gua dan Air atau wareh. Jadi pantaslah jika obyek wisata ini disebut Gua Wareh.

Bagi pengunjungyang sudah tahu kondisi Gua Wareh pasti akan membawa pakain ganti untuk mandi. Memang di mulut gua wareh ini ada sungai kecil dari dalam tanah yang keluar air bersihn tiada habisnya. Meski musim kemarau panjang sungai ini terus mengeluarkan air. Sehingga tempat ini dimanfaatkan sebagai pemandian umum.

Air yang segar dari dalam tanah dan bersih inilah menjadi daya tarik obyek wisata ini. Setiap waktu pengunjung yang datang banyak yang menyempatkan diri untuk mandi atau membilas wajahnya. Konon ada yang percaya bila kita mandi di sendang Gua wareh ini tampak awet muda dan selalu sehat.

Seperti halnya rombongan peziarah dari Demak berjumlah 15 orang , semuanya turun untuk merasakan segarnya air pegunungan. Tempatnya yang tidak begitu lebar itu membuat mereka antri satu persatu mandi. Air yang keluar dari sungai kecil masih jernih sehingga banyak warga sekitar yang memanfaatkan air ini untuk kebutuhan rumah tangga.

Para pengujung yang datang ke obyek wisata gua wareh ini biasanya rombongan peziarah yang memohon berkah dengan berziarah ke Wali sekitar kota Pati , Grobogan dan Demak. Para Peziarah yang berziarah ke Makam Syeh Saridin Syah Jangkung. Banyak yang mampir ke Gua wareh ini.

Lokasinya dari makam Syeh Jangkung cukup dekat , perjalanan dengan mobil tidak lebih dua puluh menit. Jika anda berniat ingin mengunjungi obyek wisata Gua Wareh ini anda bisa tanya pada petugas parkir di area makam Syeh Jangkung. Sehingga perjalanan ziarah anda akan lebih bermakna jika mengunjungi obyek wisata ini. (Muin)