Pati  – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-92 RSUD RAA Soewondo Pati berlangsung di Gedung Medik lantai 4 Aula Seruni, Senin (10/6).

Hadir Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, Sekda Pati, Anggota DPRD Pati, Asisten 1 Sekda, 8 perwakilan cicit RAA Soewondo, Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Pengawas, beserta seluruh jajarannya, dan para tamu undangan lainnya.
Acara seremonial ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati diserahkan kepada Cicit RAA Soewondo dan Plt Direktur RSU Soewondo Pati.

Mengawali pidatonya melalui zoom Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberikan ucapan selamat HUT ke-92 RSUD RAA Soewondo Pati. Menteri Kesehatan RI berjanji tahun 2024 ini akan memberi bantuan satu alat kesehatan (IHK) Imunohistokimia Laboratorium khusus untuk mendeteksi dini penyakit Kanker.
Rasa syukur dan apresiasi atas dedikasi RSUD RAA Soewondo Pati selama 92 tahun juga di sampaikan Pj Bupati Henggar Budi Anggoro, dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Ia mengakui bahwa perjalanan rumah sakit ini penuh dengan lika-liku.

“Namun berkat kerja keras, integritas, dan profesionalisme seluruh pihak, RSUD RAA Soewondo Pati telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, baik dari segi pelayanan, fasilitas, maupun sumber daya manusia,” ujarnya

Meskipun demikian, Pj Bupati berpesan agar momentum HUT ini dijadikan penyemangat untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan melalui inovasi dan kolaborasi. Menurutnya, kedua hal tersebut sangatlah penting untuk menghadapi tantangan kesehatan yang semakin kompleks di era sekarang.

Pj Bupati menyebut rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Pati ini telah berusaha dan berbuat yang terbaik bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Buktinya, ada pengembangan pelayanan, antara lain penambahan 4 dokter spesialis dan alat kesehatan. Tentu ini menjadi wujud nyata bahwa RSUD Soewondo memberikan layanan terbaik ke depan”, lanjutnya.

Menanggapi masih ada kritik bernada miring dari masyarakat yang dilontarkan melalui berita media ataupun media sosial, Henggar menyebut itu karena adanya mis-komunikasi.
Sementara itu, Plt Direktur Utama RSUD RAA Soewondo Pati, Dr Hartotok mengatakan, memeriahkan peringatan HUT RSU Soewondo ke 92 tahun ini sebelumnya telah diadakan lomba tiktok, lomba kebersihan, lomba hias tumpeng dan lomba fashion show di ikuti seluruh bagian, bidang, instalasi dan ruangan. Hari ini kita mengadakan sarasehan dengan menghadirkan narasumber bidang kesehatan dr. Agus Ali Fauzi.

Hartotok menyebut RSUD Soewondo dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara total hukumnya wajib, apalagi kami sudah menyandang predikat rumah sakit Bintang 5 Paripurna dan mempunyai slogan SAKDODO ( Soewondo Sakiki Wis Bedo), tentu akan berbenah untuk menjadi lebih baik.

“Kita selalu berbenah dan menerima masukan – masukan. Apalagi sekarang RSUD Soewondo sudah berubah dan berbeda (paradigma). Sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat semakin meningkat”, tambahnya.

Dia menyebut, rumah sakit yang dipimpinnya itu, kini sedang meningkatkan pelayanan dengan menambah jumlah dokter spesialis, yakni spesialisasi bidang syaraf, anestesi, bedah dan orthopedi.

“Kita juga akan tambah (dokter spesialis) baik dari kualitas maupun kuantitas dalam rangka memberi layanan masyarakat. Walaupun ini belum sempurna, harapannya RSU Soewondo dapat melayani semua”, pungkasnya. ( Agus )