Demak – Bertempat di Balai desa Kebonsari Kecamatan Dempet Kabupaten Demak telah berlangsung sosialisasi persiapan pelaksanaan program kerjasama TMMD Sengkuyung tahap II Tahun 2018, Selasa (03/07/2018).

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0716/Demak Letkol Inf abi Kusnaianto, Muspika Kec. Dempet, Kades desa Kebonsari,  Balairomo, Kedungori dan Harjowinangun, Perangkat desa, Ketua RT/RW , Toga, Tomas, Toda dan masyarakat Desa Kebonsari.

Di kesempatan yang sama Camat Dempet yang di wakili bapak Siswanto Tata Pemerintahan Kec. Dempet dalam sambutannya menyampaikan Sosialisasi pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2018 di Desa Kebonsari adalah pemberdayaan masyarakat desa dalam pembangunan fisik dan non fisik.

Maksud dan tujuan TMMD sengkuyung adalah meningkatkan sarana dan prasarana infratuktur,yaitu pembangunan/pembuatan jalan, rumah layak huni, sarana air minum, jembatan dll untuk membuka akses jalan mengurangi terisoliran.

Pembukaan pelaksanaan TMMD sengkuyung tahap  II tahun 2018 di rencanakan pada tanggal 10 Juli 2018, selama 1 bulan dan telah di awali dengan pelaksanaan pra TMMD untuk mempercepat pembangunan fisik. Tujuan TMMD Sengkuyung yang utama adalah untuk kemanunggalan TNI dan rakyat dan juga kesejahteraan masyarakat desa, ujar Siswanto

Dandim 0716/Demak Letkol Inf abi Kusnaianto menyampaikan Program TMMD sudah di atur oleh UU TNI yaitu OMSP, salah satunya adalah membantu Pemda dalam mempercepat pembangunan desa. Sasaran utama program TMMD adalah menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat, saya mohon agar masyarakat bekerja sama dalam pelaksanaan TMMD.

Pelaksanaan TMMD yaitu mengingatkan kembali budaya luhur/baik yaitu budaya gotong royong. Program TMMD pada dasarnya untuk pembabgunan fisik dan non fisik,yaitu pembangunan fisik, pembangunan badan jalan, pengerasan jalan, pembuatan jembatan dll sedangkan non fisik yaitu, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pelayanan KB, pelayanan KTP dll, jelas Letkol Inf abi Kusnaianto

Kepala Desa Kebonsari bapak Karsidi mengatakan Kami ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu yang hadir, dengan adanya sosialisasi ini untuk memperjelas pelaksanaan TMMD sengkuyung. Sebetulnya banyak desa yang lain ingin mendapat program TMMD, karena dapat mempercepat pembangunan desa yang terisolir.

Kalau akses jalan terbuka, sudah bagus insya allah akan mendongkrak harga jual tanah di sekitarnya. Pemerintah daerah Kab. Demak terima kasih kepada masyarakat desa yang sudah mau mendukung pembuatan jalan dalam program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2018, pungkas Karsidi. (Pendim 0716/Demak).