Demak – Ekowisata Reduksi desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak yang dikelola relawan Sibat PMI pada Bodo Kupatan ( Seminggu setelah hari raya) akan mengadakan lomban ke Pulau Tirang. Pulau Tirang adalah tanah timbul di pinggir laut yang jika pasang surut kelihatan lapang. Sedang jika rob tinggi akan tertutup air laut . Di pulau tiring ini ada juga pasir hitamnya sehingga jika surut akan terlinat seperti di tepai pantai.

Robihussurur salah satu anggota sibat PMI Kedungmutih mengatakan , untuk kupatan ini Reduksi akan menyelenggarakan Lomban . Yaitu berpesiar ke tengah laut dan singgah ke Pulau Tirangan atau orang menyebutnya tanah timbul. Di Pulau Tirang ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas dan juga selfi selfi dengan berbagai macam pose.

“ Nanti kita sediakan dua perahu yang bisa membawa pengunjung 15-20 . Mereka nanti kita ajak jalan jalan ke laut lalu singgah di pulau Tirang. Disana pemandangannya bagus sehingga pengunjung bisa bercanda ria “, kata Surur

Surur mengatakan untuk biaya ke pulau Tirangan karena menggunakan perahu maka pengunjung disarankan untuk berombongan atau membentuk rombongan. Untuk ongkos pulang pergi dari reduksi ke Pulau Tirangan ongkosnya sekitar Rp 200 ribu. Jika dinaiki 20 orang maka perpengunjung biayanya hanya Rp 10 ribu saja.

“ Ini memang awal kita buka dalam rangka memeriahkan pesta kupatan atau bodo kupat, sehingga setelah ini jalan untuk selanjutnya jika ada rombongan ke pulau tirangan di hari hari biasa kita antarkan”, tambah surur.

Eko Wisata Reduksi yang dibuka kurang lebih satu tahunan ini telah mengundang pengujung dari berbagai tempat . Mulai Demak , Kudus, Jepara dan juga kota kota lain. Biasanya mereka membuka sosmed atau di beritahu teman-teman yang telah datang ke reduksi ini.

Mulai dari anak-anak sekolah , remaja dan  juga orang tua datang ke reduksi melihat pemandangan , menikmati sejuknya hutan mangrove mini . Sebagai kenang-kenangan merekapun mengabadikan event mereka di reduksi . Selanjutnya merekapun upload ke medsos sehingga teman teman mereka tertarik ke tempat ini.

“ Sebelum ramadhan setiap hari Minggu atau libur pengunjung yang datang ke sini mencapai ratusan orang , Bahkan pada tahun baru yang lalu tembus lebih seribu pengunjung”, tambah Surur. Bila anda ingin lomban ke pulau Tirangan bisa hubungi SIBAT PMI Kedungmutih di no HP : +62 858-5151-0484 (Muin)