Jepara – Tarawih keliling (tarling), sebuah kegiatan yang sudah biasa dilaksanakan di dalam Bulan Ramadlan oleh berbagai macam organisasi kemasyarakatan maupun stake holder, yang fungsinya untuk semakin mendekatkan mereka dengan masyarakat.

Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gemiring Kidul bekerjasama dengan Pemerintah Desa, Pengurus Ranting NU dan Bhabinkamtibmas juga tak luput dalam melaksanakan kegiatan tersebut di tingkat desa, rabu (30-05-2018).
Ada dua belas tempat ibadah yang meliputi dua Masjid dan sepuluh mushola yang dijadikan lokasi tarling, “Tarling ini kami jadikan momentum untuk saling bersilaturrahim dengan masyarakat khususnya jama’ah di tempat ibadah tersebut dengan maksud untuk memperkenalkan visi dan misi organisasi GP. Ansor kepada masyarakat, agar semakin banyak dari mereka yang paham tentang GP. Ansor, dan juga untuk menjaring lebih banyak anggota dari desa kami untuk turut aktif dalam organisasi.” Tutur Masykuri, Ketua PR. GP. Ansor Gemiring Kidul.
Dalam kegiatan tersebut diisi dengan berbagai macam sosialisasi¬†yang disampaikan setelah melaksanakan shalat Isya’ dan Tarawih berjamaah, sosialisasi tersebut di mulai dari Pemerintahan Desa sampai organisasi yang mengikuti acara tersebut.¬†“Dengan adanya tarling, baik dari pemerintahan desa maupun organisasi kemasyarakatan dapat langsung menginformasikan kegiatannya kepada warga.” Ujar Noor Khamid selaku Petinggi Desa Gemiring Kidul. “Kami mengajak bersama semua stake holder di masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini, agar tercipta hubungan yang erat, dan harmonis, termasuk GP. Ansor yang kami nilai sepak terjangnya cukup aktif di desa kami.” Imbuhnya.
Di penghujung cara tarling tersebut, masyarakat juga dapat bertanya secara langsung kepada pihak yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. “Bagus, informasi apapun dapat kami peroleh dari kegiatan ini.” Ujar salman, warga jamaah yang mengikuti kegiatan tarling.
Acara tarling tersebut berakhir pada pukul 21.00 WIB dan di akhiri dengan ramah tamah serta penyerahan cindera mata dari Pemerintahan Desa dan berbagai stake holder kepada tempat dimana tarling dilaksanakan. (Aka)