Jepara – Lahan pertanian Jepara cukup luas oleh karena itu agar bisa menyejahterakan petani hasilnya harus dimaksimalkan. Selain untuk menanam padi harus dicoba komoditi pertanian lain yang lebih menguntungkan. Misalnya di coba ditanami bawang merah , atau tanaman lain yang hasilnya bisa berlipat ganda.

“ Contohnya ada petani di desa Bugel namanya pak Haji Paidi yang mencoba menanam bawang merah kelihatannya hasilnya bagus. Selain itu dia juga mencoba bibit padi varietas baru di lahannya kelihatannya juga hasilnya baik . Kita akan mengapresiasi petani yang mengadakan percobaan itu “, kata Pratikno anggota DPRD Jepara dari Partai Nasdem pada kabarseputarmuria.com.

Pratikno mengatakan , dia adalah adalah anak petani tulen . Sehingga ia tahu kehidupan para petani yang penuh kerja keras dalam menggarap lahannya. Ketika hasilnya bagus kerja keras tidak menjadi persoalan. Namun ketika sawahnya tidak menghasilkan karena banjir , kekeringan atau bencana lain kerugian akan berlipat ganda.

“ Oleh karena itu kita berusaha bagaimana petani di Jepara ini bisa sejahtera misalnya dengan menggelontorkan bantuan untuk petani. Selain alat mesin pertanian juga infrastruktur pertanian juga kita perhatikan . Misalnya Jalan Usaha Tani maupun saluran air untuk pertanian “, tambah Pratikno

pratik

Bantuan Alat Mesin Pertanian Untuk Klomtan di Jepara

Dikatakan Pratikno ,dalam tahun ini beberapa kelompok tani di  Jepara telah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa alat mesin pertanian. Itu semua ditujukan untuk peningkatan hasil dan juga kesejahteraan para petani . Mesin-mesin itu digunakan secara bersama-sama untuk menggarap lahan para anggota kelompok tani.

“ Bantuan dari pemerintah itu harus mengajukan proposal lebih dahulu, oleh karena itu bagi kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan harus mengajukan proposal dengan persyaratan yang telah di tentukan. Kita akan mengawalnya agar bantuan itu turun “, tambah Pratikno.

Ditambahkan dia sangat konsen akan nasib dan kejehateraan petani. Saat ini diakuinya petani kesejahteraannya masih harus ditingkatkan .Oleh karena itu ia berharap petani bisa bersinergi dengan selaku anggota dewan sehingga bisa menurunkan berbagai bantuan darim pemerintah pusat untuk kesejahteraan petani . (pak Muin)