Jepara – Salah satu pantai di kabupaten Jepara yang cukup indah dan menarik untuk di kunjungi adalah Pantai Teluk Awur. Disebut Teluk memang kondisi lautnya yang menjorok ke daratan, sehingga panjang pantai kalau dilihat tidak lurus memanjang namun mendekati bentuk setengah elips.

Dalam situs pemerintah kabupaten Jepara pantai Teluk Awur ini belum masuk pada daerah tujuan wisata kabupaten Jepara, namun demikian jika dilihat pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai Kartini Jepara ataupun pantai Tirto Samudra Bandengan.

Pada hari lebaran ketupat tahun ini pantai Teluk Awur menjadi salah satu tujuan wisata pantai warga Jepara dan sekitarnya. Melihat padatnya suasana di dalam pantai Kartini dan Tirto Samudra membuat sebagian pengunjung lari ke pantai Teluk Awur ini.

Keramaian di hari Kupatan itu dimanfaatkan oleh pemerintah desa Teluk awur untuk memungut karcis masuk ke dalam pantai Teluk Awur. Keputusan memungut karcis masuk itu sesuai dengan PERDES No 5 tahun 2015. Adapun biaya karcis masuk yang dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 7.500.

20150725_054908

Memang dari pantauan kabarseputarmuria.com pantai Teluk Awur pada hari raya kupatan yang jatuh pada tanggal 24 Juli kemarin cukup ramai dikunjungi oleh warga . Selain warga Jepara sendiri pengunjung juga datang dari luar kota seperti Demak , Kudus dan juga semarang. Mereka datang naik sepeda motor dan juga mobil secara berombongan.

Di pantai Teluk Awur yang suasananya mirip pantai Tirto samudra dengan pasir putih dan ombaknya pengunjung bisa mandi terjun kelaut. Dengan ombak yang tidak begitu besar membuat anak-anak tidak takut untuk masuk ke dalam air. Apalagi di sekitar pantai banyak persewaan ban-ban dan juga pelampung dengan berbagai bentuk.

Dengan biaya sewa ban antara Rp 6 ribu – Rp 10 ribu pengunjung bisa menikmati mandi dan berenang di pantai sepuasnya. Sehingga tidak mengherankan di hari kupatan ini tampak ratusan pengunjung terutama anak-anak menikmati ombak pantai Teluk awur yang tidak begitu besar. Mereka bersendau gurau sesama,  sambil bergoyan-goyang di dalam air laut menaiki pelambung dan ban-ban .

20150725_054926

“ Alhamdulillah di hari raya Kupatan ini penghasilan bisa naik hingga sepuluh kali lipat dari hari biasanya , sehari jika hari biasa paling banter ya 15- 20 orang yang menyewa . Kalau kupatan ini ya panennya sehari bisa ratusan orang yang menyewa ban dan pelampung “, aku Mas Lis penyewa ban dan pelampung warga desa Teluk Awur pada kabarseputarmuria.

Menurut mas Lis selain ramai di hari Kupatan , pantai Teluk awur ini juga ramai di hari Minggu dan juga Jum’at. Meski tidak seramai jika hari Kupatan namun penghasilan dari sewa ban dan pelampung ini masih cukup lumayan. Sehingga teman-temannya penyewa ban dan pelampung setia menunggu para pengunjung yang datang ke pantai ini di hari libur selain kupatan.

Nah bagi anda yang belum pernah datang ke Pantai Teluk Awur ini bisa datang ke tempat ini. Routenya cukup mudah dari kota Jepara bergerak ke Selatan memasuki desa Teluk Awur . Sampai perempatan Teluk Awur ada rambu-rambu yang menunjukkan ke pantai ini. Atau jika kurang jelas bisa lihat di Peta Jepara. (Muin)