Jepara – Jika anda kebetulan jalan-jalan ke desa Kedungmalang kecamatan Kedung anda pasti menemukan lapak usaha Ibu Hj. Barini ini. Tepatnya di dekat jembatan panjang  Kedungmalang. Sekitar pukul enam pagi  ibu lima anak ini membuka usahanya jual beli udang berbagai ukuran . Baik udang dari tambak atau udang yang ditangkap nelayan dari laut.

“ Kalau ini udang putihan, kalau ini udang windu dan ini udang seker yang biasa digunakan orang untuk umpan memancing. Kalau yang paling besar ini udang dari laut “, kata Ibu Hj. Barini  (50) pada kabarseputarmuria.com

Ibu Hj. Barini  mengatakan , udang dari tambak mempunyai rasa yang lebih enak jika dibandingkan dengan udang laut. Selain tidak amis kulit luarnya juga lebih lunak. Sehingga jika di masak udang ini tidak usah di buang kulit luarnya. Jika ingin udang besar dari tambak biasanya ada Udang Windu yang warnanya kelabu

“ Saya terima udang apa saja dari mulai yang kecil sampai yang besar. Baik itu udang dari tambak maupun dari laut semua kami terima dan pilah-pilah menurut jenisnya “,   ujar Ibu Hj. Barini .

20150625_062652

Ibu Hj. Barini  membuka usaha jual beli udang sudah lebih tiga puluh tahun. Ketika masih gadis ia sudah merintis usaha jual beli udang ini / Sampai sekarangpun usaha ini tetap eksis.  Setiap pagi hari iapun membuka lapaknya di dekat jembatan Kedungmalang . Dengan berbekal ember-ember dan juga timbangan ia menunggu kedatangan para penjual yaitu pemilik tambak di seputaran desa Kedungmalang.

Ibu Hj. Barini  mengatakan , lapak pembelian udangnya di buka mulai pukul enam  sampai pukul Sembilan  siang . Setelah itu udang di bawa ke rumah untuk diproses. Selain di bersihkan juga dipilah-pilah menurut ukuran dan jenis udang . Ada udang super jumbo , Super, biasa dan udang kecil. Udang itu dimasukkan ke dalam termos-termos besar.

“ Nah setelah semua siap udang-udang ini selanjutnya disetorkan ke pengepul udang di Solo  yang membawa anak  saya. Satu mobil kadang di sewa untuk dua atau tiga pengepul untuk menghemat biaya kirim”, tambah Ibu Hj. Barini.

Untuk harga udang selalu fluktuatif tergantung hasil dan permintaan, Untuk hari hari ini harga udang berkisar Rp 15 ribu – Rp 100 tergantung ukuran. Selain itu ada juga  udang windu yang lebih mahal lagi . Harga udang windu perkilo bisa mencapai Rp 80 ribu – 100 ribu perkilonya.

Dari membuka usaha jual beli Udang tambak ini Ibu Hj.Barini  bisa menyekolahkan semua anaknya rata-rata tamat SMA/MA bahkan beberapa ada yang kuliah di PT. Selain itu juga bisa mencukupi kebutuhan harian di rumah dan juga memperbaiki rumah yang ditempatinya.******(Muin) 

Ini Videonya


Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959
TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE
BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP
ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC
ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT
MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 
MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH