Jepara – Jalan raya desa Kedungmalang – Tedunan kecamatan Kedung kabupaten Jepara saat ini kondisinya rusak parah. Jalan sepanjang lima kilometer ini jika hujan menjadi kolam-kolam kecil yang berisi air. Hal ini cukup menganggu pengendara yang lewat.

Terutama kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir ke dalam kubangan air. Begitu juga kendaraan angkutan harus berjalan pelan agar badan kendaraan tidak menyentuh jalan. Akibat rusaknya jalan jumlah kendaraan yang lewat menurun drastic.

“ Semenjak jalan ini rusak kendaraan jarang lewat jalan ini. Mereka memilih lewat jalan di daerah Demak yang lebih bagus. Akibatnya beberapa usaha disini sepi terutama warung dan penjual bensin “, ujar Robin warga desa Karangaji pada kabarseputarmuria.com.

20150115_115731

Kerusakan jalan menurut warga sekitar sudah ada tiga tahun lebih. Jalan raya Kedungmalang – Tedunan ini hanya beberapa titik yang sudah diperbaiki dengan betonisasi. Jalan yang dibetonisasi baru beberapa ratus meter di desa Kedungmalang. Sisanya masih panjang dan kondisinya rusak parah.

“ Selain tidak ada perbaikan , kerusakan jalan diakibatkan oleh lewatnya truk tronton pengangkut garam. Akibatnya beberapa titik jalan ambles jika hujan membentuk kubangan air yang cukup dalam “, kata H. Musthofa warga desa Kedungmalang

Musthofa mengharapkan agar kerusakan jalan tidak semakin parah . Diharapkan adanya perbaikan dari pemerintah. Selain itu juga adanya pembatasan kendaraan yang melewati jalan itu. Sebagai contoh untuk truk tronton pengangkut garam yang besar seharusnya tidak boleh melewati jalan yang rusak itu.

20150119_170531

“ Kita berharap adanya perbaikan jalan dari pemerintah daerah . Agar kerusakan jalan itu tidak semakin parah. Selain itu ada pembatasan kendaraan yang lewat jalan ini. Salah satunya adanya truk tronton pengangkut garam sebagai pemicu rusaknya jalan “, kata Musthofa.

Memang jalan raya Kedungmalang – Tedunan ini  sudah tidak layak lagi dilewati kendaraan. Secepatnya pemerintah daerah memperbaiki jalan yang cukup ramai ini. Jalan raya ini merupakan jalan alternative menuju kota Jepara via desa Kedungmalang. (Muin)