Jakarta โ€“ DMC : Penjualan mobil di Indonesia selama bulan September kemarin mencetak rekor tertinggi. Untuk pengiriman mobil ke diler (wholesales) di bulan tersebut sebanyak 115.921 unit.

Demikian data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia yang dikutip detikOto, Sabtu (12/10/2013).

Pasar mobil di bulan lalu bergairah karena adanya pameran berskala besar Indonesia International Motor Show.

“Hasil penjualan Honda di tahun ini terutama bulan September ini sangat menggembirakan karena tidak hanya memperlihatkan tren penjualan yang terus meningkat di tahun ini, tetapi juga pertumbuhan penjualan yang dicapai seluruh produk Honda dibandingkan tahun lalu,” ujar Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Honda sendiri di bulan September mencetak angka penjualan sebanyak 7.600 unit, meningkat 83% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 4.163 unit.

Dengan demikian, penjualan Honda di tahun ini telah mencapai 69.610 dengan pangsa pasar sebesar 7,7%. Angka tersebut meningkat 50% dibanding periode yang sama di tahun 2012 lalu yang tercatat sebanyak 46.372 unit dengan pangsa pasar 5,7%.

Jonfis berharap tren peningkatan penjualan mobil ini terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Walhasil, dengan penjualan mobil yang mencapai rekor tersebut, secara keseluruhan angka penjualan mobil semua merek selama tahun ini sudah mencapai 908.279 unit . Jadi dengan sisa 3 bulan, target penjualan mobil sebesar 1,1 juta unit akan dapat tercapai.

“Saya rasa akan terlampaui, tapi pastinya tidak bisa diketahui yang jelas lebih dari 1,1 juta,” ujar Ketua Gaikindo Johnny Darmawan. (detik)