Jepara – Tahun 2023 ini kabupataen Jepara memberangkat calon haji sekitar 1.452 yang hari ini 10/5/2023 dan kemarin mengikuti kegiatan  Manasik tingkat kabupaten . Adapun Jamaah haji termuda berusia 18 tahun atas nama Rifki Maulidina warga desa Kedungleper kecamatan Bangsri.Sedangkan Calon Haji tertua adalah Kaslan berusia 96 tahun dari desa Bandungrejo kecamatan Kalinyamatan.

Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh. Habib mengatakan , keberangkatan clon haji tahun ini didominasi oleh jamaah lansia yang berusia diatas 65 tahun. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu yang ada pembatasan umur jamaah haji dibawah 65 tahun yang di berangkatkan.

Muh habib menambahkan kegiatan Manasik haji tingkat kabupaten Jepara dilaksanakan dua hari Senin dan Selasa  ( 9-10/5/2023) bertempat di Gedung Wanita Jepara. Usai kegiatan ini dilanjutkan dengan manasik serentak tingkat kecamatan 11-16 Mei 2023. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan pada calon haji tentang pelaksanaan ibadah haji di tanah Suci.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam acara pembukaan mansik mengharapkan kepada semua calon haji untuk mengikuti kegiatan manasik dengan seksama. Dengan adanya pemahaman dan praktek ibadah haji di Indonesia setibanya di tanah suci tidak akan kesulitan menjalankan ibadah haji.

“ Selain itu setelah hari ini jaga Kesehatan dengan sungguh sungguh dengan berolahraga yang teratur , istirahat yag cukup dan juga makan yang bergizi. Dengan fisik dan mental yang sehat insya Allah ibadah diu tanah suci akan berjalan lancar “, tambah Bupati .(Muin)