Demak – Sebagai tindak lanjut perencanaan kerja organisasi dan juga membumikan kegiatan keaswajaan GP Ansor Ranting Desa Berahan Wetan kecamatan Wedung kabupaten Demak menggelar acara Rijalul Ansor. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Selapan (36 hari) dengan bergilir dari rumah anggota satu ke rumah anggota yang lain.

Bulan ini kegiatan Rijalul Ansor bertempat di rumah sahabat Ali Nur Salim KISS Tailor di jalan Imam Bonjol Jepara . Sahabat Ali Nursalim dulunya bertempat tinggal di desa Berahan Wetan Demak. Kini tinggal di tempat kerjanya KISS Tailor Jepara.

“ Pertemuan yang lalu jika tiba giliran Sahabat Ali Nursalim ditempatkan di rumah orang tuanya desa Berahan Wetan. Namun malam ini kami diajak untuk jalan jalan ke kota Jepara . Alhamdulillah meski tidak bisa hadir semua namun acara mala mini meriah “, kata ketua GP Ansor Ranting Berahan Wetan ndan Bahrudin ,MPd.

Kegiatan Ansor di desa Berahan Wetan menurut Bahrudin kembali bersemangat lagi sejak tahun 2018. Meskipun tahun tahun sebelumnya sudah ada namun kegiatannya tidaklah begitu dirasakan. Setelah konsolidasi dan kegiatan kaderisasi GP Ansor Ranting desa Berahan Wetan bangkit kembali. Apalagi dengan bergabungnya Banser kegiatan bertambah aktif

“ Alhamdulillah sahabat sahabat  Ansor dan Banser semakin lama semakin bersemangat . Salah satunya adalah menggelar kegiatan Rijalul Ansor ini yang merupakan instruksi dari pusat. Dengan acara ini kita bisa saling kominikasi dan silaturahmi antar anggota . Menambah ukhuwah Islamiyah dan terus membumikan kegiatan ke Aswajaan “, tambah Bakrudin.

Kegiatan Rijalul Ansor ini diisi kegiatan pembacaan Istighosah , Tahlil dan Maulid Nabi. Setelah itu dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Ranting GP Ansor desa Berahan Wetan terkait situasi dan kondisi lingkungan dan juga informasi informasi terkait kegiatan GP Ansor di tingkat Anak Cabang,

Terkait pelaksanaan Pilkada baik kabupaten dan Propinsi  Bahrudin ,Mpd selaku Ketua Ranting menginstruksikan kepada seluruh anggota bahwa GP Ansor  netral dalam hal Pilkada. Namun tidak melarang anggota untuk ikut dalam kegiatan pelaksanaan Pilkada tersebut diatas itu merupakan hak warga negara .

“ Namun sekali lagi ketika berkegiatan  janganlah memakai atribut organisasi GP Ansor . Sehingga kegiatan itu murni kegiatan pribadi sebagai hak  warga negara Indonesia. Itu yang saya tekankan disini dan harap dilaksanakan “, kata Bahrudin lagi.

Usai kegiatan Rijalul Ansor rombongan selanjutnya mengadakan ziarah kubur ke makam Astana Mantingan Jepara berziarah ke Makam Sultan Hadirin dan Ratu Kalinyamat. Ziarah kubur merupakan salah satu amalan warga nahdliyin yang juga dilestarikan sahabat sahabat Ansor . Sebagai perwujudan mengenang jasa jasa para pendahulu. (Pak Muin)