Makam Simbah KH.Fauzi Noor dan Mbah KH.Abdul Salam di makam serut desa Jungpasir kecamatan Wedung kabupaten Demak

Demak – Hari ini  Jum’at ( 13/9/2024) Haul ke 26 KH. Abdus Salam dan KH. Faizi Noor desa Jungpasir kecamatan Wedung di gelar . Acara yang diadakan sehabis shalat Ashar diperkirakan di hadiri ribuan pengunjng dari berbagai tempat utamanya desa Jungpasir dan sekitarnya.

Puncak acara diselenggarakan di Makam pendiri Pondok Pesantren Al-Ittihad Demak di area pemakaman umumm yang tidak jauh dari lokasi Pondok Pesantren . Junm’at pagi terlihat kesibukan di makam dengan didirikannya tenda tendadi halaman makam juga di area makam.

Selain itu tampak beberapa stand UKMK juga ada di area ini . Sebagai bentuk ekomoni kerakyatan yang memeriahkan acara Haul yang digelar setiap tahun sekali . Pengunjung yang hadir bisa membeli makanan dan minuman di stand UMKM .

Buchrozi penjaga Makam pada kabarseputarmuria mengatakan , acara Haul simbah Abdul Salam dan KH Fauzi Noor digelar rutin setiap tahun sekali. Kedua tokoh ini merupakan kakak dan adik yang dikenal sebagai tokoh pendidikan dan pemberdayaan masyarakat khususnya di desa Jungpasir dan Umumnya di kabupaten Demak.

Sebagai pendiri Pondok Pesantren Al-Ittihad sejak tahun 1965 santri santri simbah KH Fauzi Noor saat ini tersebar dimana mana . Beberapa  diantaranya menjadi kyai dikenal khalayak diantaranya KH. Arifin Wonogiri, KH. Kharomen dan banyak lagin yang lain. Selain itu banyak pula yang menjadi pengusaha yang sukses karena didikan dari KH. Fauzi Noor pada waktu itu.

“ Acara Haul Mbah Abdul Salam dan Mbah Fauzi sudah berlangsung mulai hari Kamis kemari nada acara Karnaval pada pagi hari , malam hari acara Manaqiban dan habis Shalat Ashar nanti ada kegiatan ziarah kubur dan dilanjutkan dengan Pengajian umum”, tambah Buchrozi yang sudah 9 tahunan sebagai penjaga makam.

Muhibbin salah satu alumni Ponpes Al-Ittihad desa Jungpasir menambahkan , setiap acara Haul bisa juga dijadikan sebagai acara reuni atau temu alumni. Karena para santri yang dahulu mondok hadir diacara Haul . Selain sekitar desa Jungpasir banyak pula yang datang dari luar misalnya Jakarta , Bandung, Surabaya , Cilacap dan daerah yang lainnya.

“ Santri simbah Fauzi itu sekarang mencapai ratusan orang yang tersebar dimana mana . Dari berbagai profesi mereka datang sebagai rasa hormat kepada guru yang dulu mendidiknya. Berapa diantaranya ada yang mewarisi ilmu sebagai kyai dan juga ada yang jadi pengusaha sukses “, kata Muhibbin yang warga desa Jungpasir.

Terkait sosok mbah Faizi Noor Muhibbin mengatakan , beliau adalah seorang guru yang sabar dan telaten mendidik para santrinya. Selain mempunyai pengetahuan kitab yang mumpuni beliau sebagai contoh atau panutan para santri. Memberikan pembelajaran secara halus dan santun kepada siapa saja.

Selain dikenal sebagai kyai yang alim alamah karena menguasai berbagai kitab . simbah Fauzi juga dikenal sebagai pribadi yang santun kepada siapa saja. Dalam pergaulan sehari hari tidak membedakan status sosial kepada siapa saja beliau hormat. Sehingga seluruh santri dan juga warga juga mnghormatinya .

“ Kalau menurut saya Simbah Fauzi adalah tokoh panutan kita semua terutama para santri  dan alumni. Mereka banyak yang sukses dalam kehidupan karena berkah dari simbah . Sehingga ketika acara Haul di gelar semua hadir untuk mendoakan dan berharap berkah “, tutup Muhibbin. (Pak Muin )