Plt Kepala SMPN 1 Pecangan sematkan tanda kegiatan MPLS secara simbolis kepada dua siswa baru

Jepara – SMPN 1 Pecangaan mulai hari ini Senin 22 Juli – Rabu 24 Juli 2024 menggelar kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) untuk menyambut siswa kelas 7. Kegiatan dibuka secara resmi dengan pemukulan gong , pelepasan balon dan penyematan tanda peserta oleh Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Pecangaan Bambang Dwi Joko. Hadir dalam kesempatan itu Pengurus Komite Sekolah ,Seluruh Guru dan staf dan juga seluruh siswa kelas 7-9.

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman sekolah didahului dengan Upacara Hari Senin dengan pengibaran bendera. Dilanjutkan penyerahan siswa kelas 7 dari wakil orangtua/wali kepada sekolah dan secara resmi kegiatan MPLS di buka oleh Plt Kepala SMPN Pecangaan.Meski sederhana namun acara berlangsung khidmat dan meriah.

Ketua Pelaksana Kegiatan Tri Purnomosidi dalam laporannya menjelaskan , MPLS yang diselenggarak oleh SMPN 1 Pecangaan diikuti 320 siswa baru dengan komposisi siswa laki laki 171 dan siswa perempuan 149. Kegiatan wajib disekolah itu dilaksanakan selama 3 hari dengan berbagai kegiatan yang harus diikuti seluruh siswa kelas 7 atau siswa baru.

Adapun materi yang diikuti adalah Wawasan Wiyata Mandala (Gerakan Sekolah Sehat ), Pengenalan Kurikulum Merdeka ,Pendidikan Karakter, Belajar Efektif , Tata Krama dan Budi Pekerti, Peraturan Baris Barbaris, OSIS serta kesenian dan hiburan.

” Kami berharap kegiatan MPLS ini diikuti seluruh siswa dengan baik .Sehingga seluruh siswa bisa memahami seluruh materi yang disajikan .Agar ke depan bisa mengikuti pembelajaran di SMPN 1 dengan lancar. Selain itu kami berharap kritik dan saran untuk pelaksanaan kegiatan yang sama ke depannya “, tambah Tri Puromosidi.

Plt Kepala SMPN 1 Pecangaan Bambang Dwi Joko Ish dalam sambutan pembukaannya , mengucapkan selamat datang dan mengikuti kegiatan MPLS kepada seluruh kelas 7 yang baru. Dengan adanya MPLS ini siswa diharapkan bisa beradaptasi denga semua kegiatan pembelajaran di SMPN 1 Pecangaan.Terutama lingkungan dalam sekolah yang berkaitan dengan sarana dan prasarana . Kurikulum pembelajaran khususnya kurikulum Merdeka dan juga terkait dengan peraturan atau tata tertib yang ada di SMPN 1 Pecangaan .

” Setelah usai kegiatan MPLS ini ikutilah semua kegiatan pembelajaran dengan baik dan tekun .Patuhilah segala peraturan sekolah dengan tertib terutama jaga tata krama dan prilaku di sekolah. Agar kelak nanti nilai nilai pelajaranmu bagus untuk meneruskan pendidikan yang selanjutnya”‘, pesan Bambang beri semangat.

Acara Pembukaan MPLS juga dihadiri Pengurus Komite yang juga memberikan materi kepada siswa kelas 7 terkait dengan Tata Krama dan Pendidikan Budi Pekerti .Materi ini penting karena Tata Krama dan Budi Pekerti ini sebagai pondasi karakter anak. Saat ini Tata Krama dan Budi Pekerti ini semakin meluntur seiringperkembangan jaman.

” Kita berharap anak anak kembali bertutur kata dan prilaku yang sopan dan menjauhi sikap bulying sesama siswa atau .Inilah pentingnya Tata Krama dan Budi Pekerti ini kita kuatkan lagi disekolah lewat kegiatan MPLS ini ” kata Sari Indriyani salah satu Pengurus Komite SMPN 1 Pecangaan.(Muin)