Pati  –  Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen tahun ini, warga Desa Bangsalrejo Kecamatan wedarijaksa Kabupaten Pati, melakukan syukuran dikemas dengan perayaan sedekah bumi, Sabtu (9/6/2024).

Event setahun sekali ini sebut Jasman kepala desa Bangsalrejo, di kemas nguri iri budaya Jawa dengan berbagai kegiatan hiburan tradisional dan orkes dangdut. Didukuh Pentungan kesenian barongan dan ketoprak, di dukuh Bangsal wayang kulit dan ketoprak di akhiri pengajian umum dihalaman bale desa setempat.

Sebelumnya masyarakat dukuh Pentungan mengadakan doa bersama di punden Mbah Ruju dan Mbah Demung, sedangkan masyarakat dukuh Bangsal mengadakan doa bersama atau kondangan di punden Mbah singo noyo dan punden Mbah Reni.

“Pada acara syukuran kondangan masyarakat setempat membawa 2 berkat berisi nasi dan lauk pauk di bawa ke punden setelah diberikan doa, berkat tersebut di bagikan kembali kepada masyarakat yang hadir, baik masyarakat setempat atau masyarakat luar desa yang hadir’, tuturnya

Turut hadir Kepala desa, Perangkat Babinkamtibnas, Babinsa, pengurus RT/RW, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota PKK dan karang taruna. Suasana tasyakuran dan doa bersama dalam rangka sedekah bumi desa penghasil bawang merah nampak sangat hikmat dan tertib.

Jasman Kepala Desa Bangsalrejo, menuturkan sedekah bumi merupakan tradisi dan wujud refleksi menikmati rasa syukur kepada Allah Swt, atas apa yang sudah diberikan oleh-Nya, Ia berharap, dengan banyak bersyukur, Desa Bangsalrejo terus semakin baik dan maju.

” Dengan diadakannya sedekah bumi tahun ini untuk kedepannya desa Bangsalrejo bisa menjadi yang lebih baik lagi dan sedekah bumi ini bisa menjadikan perekat gotong royong guyup rukun membangun desa menuju sejahtera gemah ripah lohjinawi toto tentrem kertoraharjo, dan diberikan kesehatan keselamatan dan rejeki yang melimpah,” pungkas Jasman (Agus)