Jepara – SMPN 1 Pecangaan Jepara Rabu 12 Juni 2024 melepas 284  siswa kelas IX karena telah menyelesaikan pembelajaran selama tiga tahun. Pelepasan dengan menggunakan baju biasa dan dihadiri orang tua atau wali siswa . Masing masing siswa naik keatas panggung menerima nilai kemudian foto bersama sebagai kenang kenangan. Tak lupa Penghargaan kepada 10 siswa berprestasi.

Acara yang dilangsungkan di halaman tengah sekolah di hadiri juga Kepala Sekolah ,Pengawas Sekolah , Seluruh guru   dan juga pengurus Komite Sekolah. Selain itu juga di gelar aneka hiburan berupa menyanyi , menari , pencak silat , dan juga gelaran seni rebana dan gamelan Jawa oleh para siswa.

Plt Kepala SMPN 1 Pecangaan Drs. Bambang Dwi Joko ISH , MPd dalam sambutan pelepasn mengatakan , jumlah siswa yang diserahkan kembali ke orang tua atau wali sebanyak 248 siswa yang terdiri dari 143 siswa Perempuan dan 141 siswa laki laki. Mereka dinyatakan telah tuntas dalam pembelajaran di SMPN 1 Pecangaan.

“ Mereka ini adalah angkatan terakhir siswa yang belajar menggunakan kurikulum 2013 . Dari 284 siswa ini dinyatakan lulus 100 persen . Semoga ilmunya bermanfaat dan diteruskan ke jenjang yang selanjutnya “, kata Bambang di hadapan ratusan siswa yang dilepas.

Selanjutnya Bambang juga mengharapkan setelah lulus ini mereka kembali berjuang untuk tekun belajar di sekolah lanjutan. Terus semangat belajar untuk meraih cita dan asa sehingga mereka nanti akan menjadi generasi unggul harapan bangsa dan negara.

“ Kami ingin nantinya lulusan dari SMPN 1 Pecangaan ada yang jadi tenaga tenaga ahli di berbagai bidang  . Kalau saat ini yang bisa membuat pesawat terbang orang luar maka saya berharap nanti kalianlah yang membuat.  Semoga ada jadi yang jadi Presiden “, kata Bambang membakar semangat siswa yang dilepas.

Selanjutnya Drs. Trisno Santoso ,MSi Ketua Komite SMPN 1 Pecangaan dalam sambutan pelepasnnya meminta kepada seluruh siswa yang dilepas untuk tetap rajin dan giat belajar di sekolahb lanjutan/ Tingkatkan prestasi terus agar membawa nama baik SMPN 1 Pecangaan. Sejak dulu SMPN 1 Pecangaaan di kenal sebagai sekolah favorit yang menjadi dambaan siswa dan orang tua siswa.

“ Meski saat ini sudah era zonasi saya berharap prestasi SMPN 1 Pecangaan tetap bagus dan unggul di kabupaten Jepara . Salah satunya adalah dengan pembelajaran yang sungguh sungguh dan tekun oleh siswa . Selain itu juga ditunjang oleh bapak dan ibu guru yang tlaten dalam mendidik siswa. Komite senantiasa mendukung sepenuhnya agar sekolah ini tetap berprestasi’, kata Trisno Santoso.

Di tempat yang sama Dra. Mariah MPd Pengawas SMP Dindikpora Jepara mengajak kepada seluruh siswa yang di lepas untuk tetap ingat pada sekolah dan juga bapak ibu guru yang telah mendidik selama 3 tahun . Meskipun nanti telah meninggalkan sekolah ini namun dilain waktu jika bertemu kebiasan mnghormati guru harus selalu dilakukan.

“ Itulah salah satu yang harus selalu dingat dan juga dijalankan yaitu tetap menghormati bapak dan ibu guru yang telah mengajar kalian . Dimana dan kapan saja karena mereka adalah salahb satu orang yang berjasa pada kalian semua . Semoga kalian melanjutkan ke sekolah dambaan kalian untuk ,mencapai angan angan dan cita cita “, tambah Mari’ah yang juga Pegurus IKA ( Ikatan Alumni ) SMPN 1 Pecangaan. (Pak Muin)