Jepara – Salah satu peternak yang menyediakan hewan Qurban berupa Sapi atau kambing adalah Zaenal Fathoni warga desa Pulodarat kecamatan Pecangaan . Ia menyediakan hewan untuk qurban sudah lebih sepuluh tahun. Setiap jelang hari raya ia selalu menambah stok. Paling tidak ada tambahan separuh dari biasanya.

Zaenal Fathoni yang asal Boyolali dulunya adalah guru SD . Di sela sela masih aktif menjadi guru ia mencoba memelihara sapi dan kambing . Pertama hanya beberapa ekor saja . Perlahan lahan permintaan selalu naik . Akhirnya ia membuat kandang yang besar di belakang rumahnya.

“ Sistemnya kita beli anakan dari pasar atau peternak rumahan . Nanti kita pelihara jika sudah ada kenaikan harga kita lepas. Kita ambil lagi yang kurus atau yang kecil lalu kita gemukkan setelah gemuk kita jual lagi begitu seterusnya “, kata Zaenal Fathoni Senin 20/5/2024

Sapi sapi dan kambing yang dipelihara setiap harinya diberi pakan berupa rumput. Selain itu ada makanan tambahan berupa ampas tahu . Rumput biasanya mencari di tempat yang lapang sedangkan untuk ampas tahu dibeli dari pengrajin tahu . Jika ada masalah kesehatan biasanya dipanggilkan mantri hewan.

“ Memelihara Kambing dan Sapi tidaklah sulit yang penting telaten . Waktu makan dikasih makan dan juga harus diperhatikan kesehatannya. Jika sakit dipanggilkan matri hewan . Itu saja . Ini saya jalani lebih 10 tahun dan hasilnya ya lumayan”, tambah Zaenal.

Penjualan hewan yang dipelihara tergantung kebutuhan. Namun untuk yang terbanyak ketika hari raya idul adha tayu qurban. Beberapa bulan menjelang hari raya idul adha ia sudah menambah stok hewan qurban . Jika harian hanya 5 sapi maka jelang qurbani a menambah lagi separuhnya.

Untuk qurban tahun 2024 ini ia sudah siapkan 5 hewan kurban dan nanti kurang beberapa minggu ia akan tambah lagi sesuai dengan pesanan . Untuk hewan Sapi saat ini harganya sekitar Rp 24 jutaan dan untuk kambing Rp 3 – 3,5 juta . Biasanya 1 ekor sapi untuk 7 orang sehingga dana yang disiapkan sekitar Rp 3,5 juta.

“ Kalau untuk yang cukupan ya sekita Rp 24 jutaan. Namu nada juga yang dibawahnya atau diatasnya tergantung besar kecilnya hewan qurban . Namun untuk pantasnya ya berkisar Rp 21 – 24 jutaan bisa dilihat dari besar kecilnya Sapi “, kata Zaenal lagi.

Selama bergelut usaha memelihara sapi atau kambing ini banyak untung daripada ruginya. Sehingga usaha ini terus digeluti hingga sekarang. Apalagi saat ini sudah purna sebagai Guru SD sehingga ia menggunakan waktu sepenuhnya untuk menekuni usaha ternak sapi dan kambing.  ( Pak Muin )