Demak – Proses kegiatan belajar mengajar khususnya kelas XII SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ) IBS Al Ittihad Jungpasir kecamatan WQedung telah berakhir dengan dilepasnya 120 Siswa pada hari Minggu 28/4/2024 . Acara yang berlangsung di lapangan olah raga berlangsung dengan meriah. Selain dihadiri siswa juga didampingi orang tua siswa . Hadir pula seluruh guru dan tamu undangan,

Acara yang di mulai sekitar pukul 08.00 diawali dengan kirab peserta dari kelas masing masing menuju ke tempat upacara. Siswa laki laki berbaju putih panjang dan bercelana hitam dan bersongkok nasional berwarna hitam. Sebagian siswa laki laki ada yang memakai jas warna hitam .

Sedangkan siswa perempuan berbaju tradisi jawa ala ibu Kartini dengan aneka warna dan aneka model. Namun tidak meninggalkan busana muslim dengan berjilbab . Mereka duduk rapi ditempat yang disediakan untuk dipanggil satu persatu maju ke panggung bersama orang tua.

Kepala SMK Al Ittihad Ahmad M. Munir, M.Pd. mengatakan , pada akhir tahun pelajaran 2023/2024 jumlah siswa kelas XII yang dilepas sejumlah 120 siswa terdiri dari Jurusan Multi Media sejumlah 84 siswa dan jurusan Perbankan Syariah sejumlah 36 Siswa. Meski resmi dilepas namun untuk pegumuman kelulusan masih menunggu dari diknas.

“ Hari ini kami lepaskan 120 siswa kelas XII dan kami kembalikan pada bapak ibu kembali. Mudah mudahan ilmu yang di dapatkan nantinya bisa bermanfaat untuk masa depan . Selain itu teruslah belajar karena ilmu pengetahuan adalah sebuah investasi yang harus kita raih untuk kusuksesan “, kata Munir di sambutan pelepasan.

Munir menambahkan , selain ilmu  umum yang tekait pembelajaran  Multi Media dan Perbankan Syariah yang didapatkan di sekolah. Di SMK Al Ittihad ada pembalajaran ilmu agama yang terintegrasi dengan pondok pesantren. Sehingga selain dibekali ilmu pengetahuan juga ilmu agama Islam . Untuk bekal ketika bermasyarakat.

“ Meskipun sudah dinyatakan lulus di pembelajaran umum. Harus juga lulus kompetensi di ilmu agama misalnya setelah lulus dari SMK Al Ittihad para siswa harus bisa membaca Alqur’an dan membaca Tahlil misalya. Kalau belum bisa harus belajar lagi sampai bisa “, tambah Munir.

Munir berharap kepada seluruh siswa yang dilepas bisa mengamalkan ilmunya untuk masa depan .Selain itu juga diharapkan terus mengembangkan ilmunya dengan kembali belajar ke jenjang yang lebih tinggi . Namun bagi yang ingin bekerja juga dipersilahkan untuk bekerja sesuai dengan keinginannya.

Di tempat yang sama  Dr Agus Mansur, ST, M Eng Sc, salah satu Pembina di IBS Al Ittihad dalam sambutan dan Mauidoh hasanahnya di hadapan siswa yang dilepas mengatakan dalam era saat ini butuh pribadi yang cerdas . Tidak hanya pintar saja namun harus punya kecerdasan dalam berbagai hal. Dengan kecerdasan ini kita bisa mendapatkan yang kita harapkan .

( Pak Muin )