Ibu Hj.Rohmah penjual beras di pasar baru Kedungmutih Demak

Demak – Ada kabar gembira bagi warga yang akan berlebaran harga beras yang buklan lalu masih tinggi kini mulai turun. Hal itu diakibatkan banjir yang surut juga petani di beberapa wilayah sudah mulai panen.

Harga beras di Pasar Baru desa Kedungmutih terpantau turun . Pada Hari Rabu 3/4/2024 harga beras terendah Rp 13.000 sedangkan harga beras baru Rp 14.000 sedangkan harga beras gadu Rp 15, perkilogramnya.

“ Iya sudah turun  seminggu ini , meskipun harga turun namun penjualan masih sepi . Entah nanti kalau Hari raya sudah dekat “, kata Hajjah Rohmah penjual beras di pasar baru desa Kedungmutih .

Hajjah Rohmah mengatakan harga beras beberapa waktu yang lalu pernah tinggi . Perkilonya di kisaran Rp 15.000-Rp 16.000 . Namun saat ini sudah mulai turun setiap kulakan selalu turun . Turunnya sedikit sedikit tidak seperti kalau naik langsung tinggi.

“ Untuk yang beras murah ini saya tidak melayani eceran namun zak zakan. Kalau yang beras gadu dan beras baru ini saya jual eceran minimal pembelian 1 Kg “, tambah Haji Rohmah.

Untuk kebutuhan zakat fitrah ada beras dengan kemasan khusus. Ada dua pilihan dengan berat 2,5 kg dan 2,7 kg harganya Rp 35.000 dan 39.000. Pembeli tinggal pilih untuk kualitasnya hampir sama jadi perkilonya sekitar Rp 14.000.

Dengan adanya beras kemasan untuk zakat fitrah ini . Pembeli tidak lagi membeli eceran namun langsung membeli kemasan khusus sehingga praktis untuk dibagikan kepada penerima . (Pak Muin)