Pati  – Pelantikan dan pembekalan pengawas TPS se-kecamatan wedarijaksa berlangsung di gedung serbaguna desa Suwaduk kecamatan Wedarijaksa Minggu (21/01/2024).

Pelantikan 216 Pengawas TPS se-kecamatan wedarijaksa oleh ketua Panwas Kecamatan Wedarijaksa Kunarso, secara simbolis terwakili Ardian Kristian dan Silvi Ananda mengucapkan sumpah dan janji yang di ikuti semua pengawas TPS dari 18 desa se kecamatan Wedarijaksa.

Hadir menyaksikan Pelantikan Pengawas TPS se-kecamatan wedarijaksa, Bawaslu kabupaten Pati, Camat Wedarijaksa,  Kapolsek, Danramil, PPK Wedarijaksa beserta jajarannya dan Pengawas TPS se-kecamatan wedarijaksa.

Ketua Bawaslu kabupaten Pati Supriyanto SH, MH mengucapkan selamat bertugas dan semangat menjadi ujung tombak pengawasan pemilu di TPS membantu Panwascam. Ditengah tengah tahapan pemilu, yakni proses tahapan kampanye, mulai dari iklan online dan cetak, tidak ada salahnya pengawas TPS mulai mengamati, memperkuat pengawasan.

“Kenapa pemilu harus diawasi, karena pemilu menjadi momentum 5 tahunan untuk memilih wakil di berbagai level pimpinan agar berjalan sesuai aturan dan norma hukumnya. Bentuk pengawasan pemilu, dengan menegakkan integritas mewujudkan pemilu yang demokratis dengan prinsip LUBER”, tuturnya .

Sementara Ketua Panwascam Wedarijaksa Kunarso menyebut Pengawas TPS sesuai amanah UU Pemilu No. 7 Tahun 2017 untuk membantu pengawas Desa se Kecamatan wedarijaksa, dalam melakukan pengawasan untuk mencegah pelanggaran dan mengatasi berbagai persoalan dalam pelaksanaan pemilu.

Adanya satu Pengawas di setiap TPS diharapkan menjadi ujung tombak demokrasi di TPS sesuai slogan Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

“Karena pengawas TPS merupakan garda terdepan dari pengawasan untuk mengawal proses pemungutan suara hingga penghitungan suara (tungsura). Meski tugasnya paling pendek tapi tugasnya mulia, kuasai peraturan peraturan yg disosialisasikan, semangat bersama rakyat mensukseskan pemilu 2024”,pungkasnya ( Aguspras)