Jepara – Potensi destinasi wisata bahari di Kabupaten Jepara, telah banyak diketahui khalayak ada lebih 10 pantai yang dikembangkan sebagai obyek wisata dari dulu hingga sekarang . Pantai Pantai ini memanjang dari Utara kecamatan Keling  hingga ke Selatan Kecamatan Kedung. Saat ini muncul potensi wisata pantai  baru, yakni Pantai Pelayaran yang kedepan dapat menjadi tujuan wisata bahari yang patut diperhitungkan, untuk melengkapi destinasi wisata yang sudah ada.

Pantai yang berpasir putih itu, berlokasi di RT 05 RW II sampai RT 02 RW I bergaris kurang lebih 2600 meter memanjang dari selatan ke arah utara, Pantai lebar berpasir putih ini masuk . wilayah Kelurahan Karangkebagusan, Kecamatan Jepara . Letaknya tidak jauh dari jalan raya Jepara – Kedungmalang.  Hanya berjarak 100 meter.

Pantai Pelayaran ini mulai dirintis sejak dulu , oleh warga Karangkebagusan yang sadar wisata, dan terwadahi dalam Perkumpulan Pengelola Pantai Pelayaran, menginginkan area pantai sepanjang kurang lebih 2600 meter, yang semula terbengkalai, tak terurus dapat ditata dan dikelola, menjadi potensi wisata bahari sekaligus pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Eko E Purwanto Ketua Perkumpulan Pengelola Pantai Pelayaran Karangkebagusan Jepara

“ Pantai ini sudah lama ada ya berbarengan dengan pantai lain di sekitarnya  . Namun karena terkendala jalan masuk yang tidak ada maka tidak bisa dibuka untuk umum. Nah kami sebagai warga yang ingin pantai ini berdaya guna untuk warga lewat berbagai audiensi akhirnya terwujud membuka akses obyek wisata pantai ini “, kata Eko Edi Purwanto Ketua Perkumpulan Pengelola Pantai Pelayaran Kelurahan Karangkebagusan paada kabarseputarmuria Minggu 4/12/2023.

Eko mengatakan , untuk bisa membuka obyek wisata ini cukup panjang dan penuh perjuangan. Sehingga ia berharap obyek wisata ini benar benar menjadi area public yang dimanfaatkan siapa saja untuk berwisata . Selain itu juga memberdayakan UMKM di kelurahan Karangkebagusan dan sekitarnya.

“ Ya ramainya ya sekitar 6 bulan ini setelah pengunjung yang datang ke sini mengunggah di tiktok dan media sosial yang lain. Setiap waktu pengunjung terus bertambah utamanya jika hari Sabtu atau Minggu. Tidak hanya warga Jepara saja namun warga Demak , Kudus sampai ke pantai ini “, tambah Eko Edi Purwanto.

Pantai Pelayaran Karangkebagusan ini menurut Eko Edi Purwanto pemandangan pantainya tidak kalah dengan pantai disekitarnya. Selain garis pantainya panjang mencapai 2.600 meter .Pasir yang ada dibibir pantai juga lebar sehingga warga yang menikmati pemandangan bisa leluasa. Apalagi saat ini sudah dibuatkan meja kuris oleh penyedia makanan dan minuman.

Pengunjung cukup ramai di hari Minggu

Bagi anda yang ingin berenang di tepi pantai kondisi pantainya juga bersih dari sampah . Selain itu dasarnya tidak berkarang sehingga tidak membahayakan bagi pengunjung yang ingin mandi atau berenang di pantai. Sehingga ada beberapa pengunjung dewasa yang datang untuk mandi di pantai ini.

“ Selain meyediakan tempat untuk makan dan minum kami sebagai pengelola pantai Pelayaran Karangkebagusan ini juga menyediakan WC dan Kamar Mandi untuk pengunjung . Sehingga pengunjung yang menikmati suasana pantai ini bisa nyaman yang  tidak ada biaya parkir atau karcis masuk “, kata Eko Purwanto lagi.

Sebagai Ketua Perkumpulan Pengelola Pantai Pelayaran Karangkebagusan , Eko Purwanto berharap ada perhatian pemerintah untuk menata pantai ini sebagai Destinasi Wisata Pantai Baru di Jepara. Sehingga bisa mendatangkan pengunjung yang lebih besar lagi sehingga bisa memberdayakan UMKM di kelurahan Karangkebagusan . Selain itu juga membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Nah bagi anda yang belum pernah mengunjungi pantai pelayaran ini bisa mengunjungi pantai ini . Adapun lokasinya anda bis cari di Map dengan kata kunci pantai Pelayaran .

(Pak Muin)