Magelang – Universitas Tidar Magelang menggelar  Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat  yang digagas dosen program studi Pendidikan IPA, Ayu Lestari, M.Pd. dan Dea Santika Rahayu, M.Pd., dibantu oleh satu  mahasiswa  yaitu  Aisyah Dwi Febriani.

Bentuknya  Pelatihan dan pendampingan penamaan ilmiah tumbuhan di lingkungan sekolah berbasis digital disertai aksara jawa  dilaksanakan pada tanggal 10 Juli – 14 Oktober 2023 di SMP N 1 Windusari dan SMP N 2 Windusari. Peserta kegiatan terdiri dari 22 guru di SMP N 1 Windusari dan 22 guru di SMP N 2 Windusari.

Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu observasi lingkungan sekolah, pelatihan pembuatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa, pendampingan pembuatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa, dan pemanfaatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa.

Pada tahap observasi lingkungan sekolah, tim PKM melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, dilanjutkan identifikasi tumbuhan di lingkungan sekolah.

Selanjutnya, pada tahapan pelatihan pembuatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa di SMP N 1 Windusari dan SMP N 2 Windusari dilakukan secara diskusi dan praktik secara langsung dengan menggunakan media power point dan laptop kepada guru di sekolah mitra.

Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan QR code adalah QR generator, sedangkan untuk penulisan aksara jawa menggunakan website: https://kongresaksarajawa.id/salinsaja/

Pada tahap pendampingan pembuatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa, dilakukan dengan melibatkan semua guru di sekolah mitra melalui WhatsApp Group dengan tujuan untuk mempermudah guru berdiskusi terkait pembuatan papan nama ilmiah.

Tahap terakhir yaitu pemanfaatan papan nama ilmiah yang terintegrasi QR code dan aksara jawa dilaksanakan dengan memasang papan nama ilmiah pada tumbuhan di lingkungan sekolah. Papan nama ilmiah ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa dalam mengidentifikasi tumbuhan yang ada disekitar sekolah melalui pindai QR code yang tersedia di papan nama.

Selain itu, aksara jawa yang terdapat pada papan dimanfaatkan sebagai pembiasaan membaca aksara jawa sebagai bagian dari pelestarian budaya jawa. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra sekolah untuk memaksimalkan sumber belajar bagi siswa agar tercapai pembelajaran yang kontekstual.