Demak – Desa Jungpasir kecamatan Wedung saat ini merupakan desa yang cukup maju di bidang pendidikan baik formal non formal. Selain pendidikan umum mulai PAUD , SD, MI ,MTs ,MA dan SMK . Desa ini juga ada pondok pesantren yang cukup  besar dengan jumlah mencapai ratusan santri.

Tidak hanya warga desa Jungpasir sendiri yang belajar di Pondok Pesantren ini . Namun banyak pula santri santri dari luar desa . Bahkan luar kabupaten menimba ilmu agama Islam di pondok pesantren desa Jungpasir.Saat ini jumlah alumninya mencapai ribuan orang tersebar dimana mana mana.

Itu semua berkat perjuangan salah satu tokoh Ulama desa Jungpasir yaitu KH.  Fauzi Noor yang acara Haulnya pada tahun 2023 jatuh pada hari Senin 25 September 2023 bertepatan taggal 10 Rabiul Awwal 1445 H.  Hal itu dikatakan KH. Masyhuri Malik Pengurus PBNU ketika memberikan sambutan di acara Haul KH. Fauzi Noor .

Masyhuri Malik menambahkan, Sosok KH.Fauzi Noor adalah Ulama yang peduli Umat selain mengajar di pondok pesantren ia juga aktif menjadi pengurus Jam’iyah NU khususnya di kabupaten Demak. Ia pernah menjabat menjadi Rois Syuriyah PCNU Demak . Sehingga waktunya selain mendidik para santri juga digunakan untuk kemaslahatan umat.

“ Terkait pendidikan wawasan pemikiran KH. Fauzi Noor juga luas selain pendidikan agama Islam ia juga menekankan pentingnya pendidikan umum. Sehingga ada putranya yang yang menjadi doktor yang hebat dalam ilmu pengetahuan khususnya Teknik. Kami harapkan jejak beliau diteruskan oleh putra putri dan juga para santrinya”, kata kata KH. Masyhuri Malik di hadapan ratusan yang hadir pada acara Ziarah di Makam KH. Fauzi Noor.

Sebagai penghormatan atas jasa KH. Fauzi Noor para santri yang tersebar kemana mana akhirnya membangun makam dengan pendopo yang bagus. Sehingga para peziarah yang akan berziarah ke makam ini dengan mudah menemukan makam beliau yang Bersatu dengan beberapa makam keluarga yaitu kakak dan juga orang tuanya.

Makam KH.Fauzi Noor terletak di Makam Serut yang merupakan makam umum warga desa Jungpasir. Adapun letak makam nya pas jalan masuk makam menuju ke Barat. Ada pendopo kayu besar dengan lantai paving berwarna hijau. Letak makam KH.Fauzi Noor sebelah Timur sedangkan makam kakaknya KH. Abdul Salam di sebelah barat menjorok ke Selatan.

Menurut Penjaga Makam desa Jungpasir Bukhrozi makam KH. Fauzi Noor ni dibangun sekitar dua tahunan dan setiap tahun ada acara Haul yang digelar di makam Serut ini. Selain acara ziarah bersama juga digelar acara rangkaian Haul yaitu Karnaval para santri, gelaran Maulidul rasul Nabi Muhammad SAW dan juga pengajian Umum.

Dalam acara Haul itu tidak hanya warga desa Jungpasir yang hadir namun ada juga yang datang dari jauh jauh. Mereka adalah para santri santri  santriwati KH. Fauzi Noor dan juga pondok pesantren Al-ittihad yang sudah tersebar ke mana mana . Mereka menghadiri acara Haul sebagai perwujudan Khidmah pada guru dan juga berharap barokah dari Allah SWT.

“ Makam ini makam umum jadi siapa saja bisa berziarah di makam Serut ini setiap waktu terbuka . Untuk makam Mbah Fauzi Noor dan beberapa keluarga sudah di beri rumah rumahan sehingga para peziarah bisa nyaman berziarah di makamnya “, kata Bukhrozi. ( Pak Muin )