Demak – _ Menutup bulan Agustus bulan kemerdekaan RI Desa Tedunan kecamatan Wedung menggelar acara Tasyakuran seluruh warga desa. Selain menggelar acara Karnaval seperti desa desa yang lain desa juga menggelar Sholawatan dan Pengajian Umum. Kamis pagi 31/8/2023 acara Karnaval diikuti seluruh warga desa sedanhkan malamnya di sambung dengan kegiatan religious.

Kepala Desa Tedunan M. Zainal Afif pada kabarseputarmuria mengatakan , Kemerdekaan RI perlu disyukuri karena ini semua berkat jasa para Pahlawan. Adapun cara mensyukurinya dengan membangun desa bersama seluruh warga. Selain itu juga meningkatkan persatuan dan kesatuan antar warga. Menjadikan desa hunian sehat aman dan nyaman dengan penataan lingkungan yang baik.

“ Alhamdulillah Desa Tedunan pada tahun 2023 ini mendapatkan predikat sebagai juara 1 lomba desa se kabupataen Demak . Sedangkan untuk tingkat propinsi desa kami memperoleh juara 5. Hari ini selain memeriahkan dan mensyukuri kemerdekaan juga mensyukuri kemenangan desa kami . Semua warga gembira ria pada hari ii dengan mengikuti kegiatan karnaval “, kata Zainal Afif di sela sela acara karnaval.

Zainal Afif berharap kepada semua warga desa Tedunan untuk tetap menjaga lingkungan masing masing dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga menjaga kerindangan dengan menjaga tanamannya dengan merawat dan menyiram dengan baik. Tak lupa menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan sehingga tidak ada permasalahan aman dan nyaman.

Terkait dengan pelaksanaan Karnaval yang melibatkan seluruh warga Masyarakat Ketua Karang Taruna desa Tedunan Anas mengemukakan, kegiatan karnaval seluruh warga desa Tedunan merupakan puncak acara HUT RI di desa Tedunan. Sebelumnya telah di gelar acara lomba lomba dan pada hari itu dilaksanakan pembagian hadiah berbagai lomba .

“ Hari ini selain karnaval ada juga pembagian lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78 dan juga nanti ada berbagai hadiah doorprize untuk peserta karnaval yang beruntung. Alhamdulillah lancar dan kompak bersama semua teman teman karang taruna desa Tedunan “, kata Anas.

Karnaval yang diikuti seluruh warga bagi RT dan Lembaga Pendidikan berjalan lancar setelah dibuka Kades Teduang Pukul setengah sembilan. Selanjutny seluruh peserta bergerak keliling desa Tedunan dari Barat Ke Timur. Di dalam kampung mereka disambut teriakan dan juga yel yel warga yang melihat ketika menampilkan perpormanya.

 

Begitu juga ketika melewati panggung kehormatan setiap RT melakukan aneka kemampuan untuk menarik penonton. Ada yang joget joget , ada yang yel yel ada juga yang menampilkan aksi lucunya. Yang menarik dari karnaval desa Tedunan ini selain anak anak dan remaja banyak orang tua yang ikut dalam kegiatan karvanal ini mewakili RT masing masing.

Sulkhan salah satu ketua RT di desa Tedunan mengatakan RTnya hari itu menampilkan baju nuansa batik . Selain iu juga menampilkan aksi joget joget yang unik seperti di tiktok. Semua kompak mulai dari yasng muda dan yang tua meski harus latihan setiap malasm menjelang karnaval hal itu tidak menjadi masalah .

“ Sudah lama tidak ada keramaian seperti ini karena covid 19 . Hari ini semua warga keluar dan menampilkan kemampuannya masing masing meski keluar biaya untuk beli seragam sewa sound semua iuran dari swadaya Masyarakat”, kata Sulkhan salah satu Ketua RT di desa Tedunan. ( Muin )