Jepara – Salah satu desa yang terkenal hasil meubel dan ukirnya adalah desa Petekeyan kecamatan Tahunan . Sampai saat ini usaha meubel ini masi ditekuni warganya baik pengusaha jual beli dan para tukang kayu atau pekerja. Banyak dari pekerja ini kemudian membuka usaha sendiri di rumahnya.

Salah satu pengusaha meubel di desa Petekeyan yang merangkak dari bawah adalah Abdullah pemilik usaha “Arsha  Jati “ di jalan Paving kampung Sembada Ukir. Di depan rumahnya tertata rapi meubel dari kayu jati. Ada kursi  dan meja tamu, Kursi Sudut dan juga meja makan . Semua dalam bentuk mentahan sehingga perlu finising lagi.

“ Ya kalau dihitung usaha jual beli meubel ini mendekati dua puluh tahun. Awalnya saya tukang kayu yang kerja di tempat orang. Setelah menikah saya coba coba membuat dan juga kulakan coba saya pasarkan sendiri . Satu dua mulai laku lama lama saya focus untuk penjualan saja dan tidak membuat. Saya beli dalam bentuk mentahan ini dari pengrajin lain “, kata Abdullah pada kabarseputarmuria yang menyambangi rumahnya Kamis 24/8/2023.

Abdullah yang punya hoby nggowes mengatakan , sejak dulu desa Petekeyan warganya bergerak di bidang ukir dan juga meubel kayu jati. Namun ketika ada program desa wisata maka kampung ini dinobatkan sebagai kampung sembada ukir. Jalan dipaving sehingga transportasi untuk pengangkutan bahn baku dan juga hasil produk lebih lancar.

“ Saya termasuk salahb satu yang mengawali berjualan meubel di Kampung Jalan Paving ini. Setelah itu terus tumbuh satu persatu sehingga hampir semua warga disini berdagang meubel. Jika ada pembeli tinggal memilih barang apa yang dibutuhkan “, tambah Abdullah yang mulai kerja tukang kayu lulus MTs.

Terkait usaha yang ditekuni Abdullah mengatakan , usaha meubel ini masih prospektif untuk dikembangkan. Meskipun dua tahun lebih di terjang covid sehingga permintaaan barang dari luar negeri turun . Namun kebutuhan meubel untuk lokalan baik jawa maupun luar jawa masih lancar.

Sehingga setiap harinya masih ada pembeli yang datang ke rumahnya atau pesan lewat online . Sehingga hal ini berkah bagi keluarganya yang hanya mengandalkan pemasukan dari usaha jula beli meubel kayu jati ini. Ia hanya menaruh barang-barang meubel di depan rumahnya.

“ Untuk produk mentahan Meja dan kursi tamu ini  kami jual satu setnya Rp 1.100.000, ada yang Rp 1.000.000 . Barang ini jika dengan finisingnya nyampai Rp 3 jutaan. Ya untuk keuntungan rata rata kami ambil untung Rp 50 ribu – Rp 100 ribu satu setelnya. Ya Namanya rejeki ya kadang ramai ya kadang sepi “, kata Abdullah lagi.                                                               ( Muin-kabarseputarmuria )

Nama Usaha      : Arsha Jati

Alamat               : Jalan Paving Kampung                 Sembada Ukir

Desa Petekeyan kecamatan Kedung Kabupaten Jepara

No HP                 : 085231066439