Anas no dua dari kanan bergambar bersama teman mahasiswa IKIP Veteran Semarang

Demak – Pemerintah lewat KIP ( Kartu Indonesia Pintar) Kuliah memberikan kesempatan bagi lulusan SMA,MA maupun SMK untuk lanjut kuliah tanpa biaya . Namun kadang kesempatan ini tidak dimanfaatkan karena banyak yang langsung kerja. Tetapi bagi Anas Khusnul Khulqon warga desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak kesempatan emas itu tidak disia siakan. Dengan KIP kuliah ini ia bisa mengenyam pendidikan di IKIP Veteran tanpa membayar.

” Betul pak saya kuliah di IKIP Veteran Semarang tanpa biaya malah dapat subsidi biaya hidup Rp 700 ribu. Ini sudah semester 6 mudah mudahan lancar sampai akhir dan lulus”, kata Anas yang dihubungi kabarseputarmuria via WA Minggu 9 Juli 2023.

Anas yang lulusan SMKN 1 Kalinyamatan jurusan elektromengatakan, awalnya tak terpikirkan untuk kuliah. Namun ada teman yang memberikan informasi tentang KIP Kuliah dan ispun tertarik untuk mencobanya. Meskipun ia lulusan jurusan elekro di SMK namun ketika mendaftar di IKIP Veteran ia mengambil jurusan sejarah. Itu juga saran dari teman yang sama sama mendaftar.

” Ya memang kekigatannya tidak nyambung namun jika terpaksa masuk jurusan elekro malah berat akhirnya. Jadi ya masuk jurusan Sejarah dan sampai saat ini tidak ada kesulitan dalam memgikuti kuliah dan tugas tugas kampus “tambah Anas.

Anas bergambar dengan adik semata wayangnya.

Anas yang anak pertama dari dua saudara putra seorang sopir ini tidak menyangka jika bisa lanjut kuliah. Melihat ekonomi keluarganya yang paspasan ini ia bersyukur diterima di IKIP Veteran dengan KIP kuliah .Sehingga orangtuanya hanya memberikan biaya bulanan tambahan untuk biaya kos dan membuat tugas kuliah. Ia berharap langkah jejaknya diikuti adiknya yang masih duduk di bangku SD.

” Ya untuk teman teman semuanya yang punya KIP manfaatkan kesempatan baik ini untuk mengejar cita cita dengan kuliah. Dengan menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi maka peluang akan terbuka lebar. Yang penting mendaftar dahulu setelah diterima baru urus KIPnya agar terbebas dari biaya kuliah bulanan “, imbuh Anas.

Mahasiswa Pendidikan Sejarah Semester 6 IKIP Veteran Semarang ini menambahkan , mengurus KIP Kuliah tidak sulit karena semua ada panduannya. Yang terpenting jika tidak masuk jalur prestasi harus mengikuti tes tulis.Sehingga persiapan belajar dipentingkan agar lolos masuk ke Perguruan Tinggi yang diharapkan .( Muin )