Jepara – Tradisi Syawalan di daerah pesisir yang warganya hidup dari laut sudah ada sejak dulu. Tradisi ini di gelafr seminggu setelah hatri raya Idul Fitri atau H+7. Selain mengadakan selametan kupat lepet di Masjid dan musholla dan khusus nelayan menggelar Selametan di laut  dengan berperahu ke tengah laut.

Desa Kedungmalang kecamatan Kedung yang merupakan desa nelayan dua tahun ini menggelar acara slametan di laut. Sebelumnya mereka mengikuti kegiatan selametan di laut di pantai Kartini Jepara. Namun dua tahun terakhir ini mereka berinisiatif untuk menggelar acara di desa sendiri.

Para nelayan membuat uborampe selametan di laut berupa Kepala Kerbau , nasi tumpeng , ingkung ayam dan tak ketinggalan bubur abang dan jadah pasar. Uborampe tersebut di tempatkan di wadah miniatur perahu  yang nantinya diturunkan di tengah laut.

Mustafiyatun Petinggi desa Kedungmnalang pada kabarseputarmuria mengatakan , tradisi selametan di laut di bulan syawal ini murni hasil swadaya masyarakat nelayan. Mereka berinisiatif menggelar acara selametan di laut ini sebagai rasya syukur warga nelayan.Sehingga mereka urunan untuk mempersiapkan uborampe selametan di laut

” Sudah dua tahun ini , karena ini acara yang baik pemerintah desa mendukung sepenuhnhya dengan mengawal dan mengamankan kegiatan ini. Semoga tahun depan lebih meriah lagi . Hari ini ada dua kelompok nelayan yang membuat slametan “, kata Mustafiyatun.

Madenur nelayan warga desa Kedungmalang yang ikut ke laut bersama keluarganya , mengatakan dengan adanya selametan ini warga nelayan berdo’a semoga perolehan hasil nelayan meningkat . Selain itu semua nelayan dijauhkan dari segala musibah di laut dan selalu di berikan kesehatan dan keselamatan.

” Dulu nelayan sini biasanya ikut selametan laut di Jepara atayu ke Pantai Kartini .Namun sekarang warga nelayan mengadakan selametan sendiri . Sehingga semua nelayan dan keluarga ikut dalam kegiatan slametan di laut ini. Selain itu juga mengajak keluarga ke laut agar tahu kondisi laut tempat mencari nafkah para nelayan “. imbuh Madenur.

Pelaksanaan acara sedekah laut dalam rangka syawalan 2023 ini berjalan meriah dan lancar. Ratusan perahu mengikuti acara selametan yang di kawal aparat polsek dan koramil Kedung . Acara dimulai sekitar pukul o8.00 dan berakhir pada jam 09.30 . Setelah acara selesai sebagian nelayan melanjutkan acara lomban atau berpesiar keliliong laut bersama keluarga. (Muin)