Demak – Desa Kedungkarang kecamatan Wedung kabupaten Demak sejak dulu dikenal sebagai desa pemasok Kepiting. Hewan yang kulitnya keras mempunyai cepat besar ini selalu dicari karena rasanya yang lezat.Selain itu nilai gizinya tinggi sehingga tidak heran hewan yang berasal dari pesisir ini harganya cukup tinggi.

” Untuk kualitas biasa dengan size yang kecil harganya memang biasa .Namun yang kualitas ekspor harganya cukup mahal. Bahkan yang bertelur lebih mahal lagi. Kalau untuk kualitas ekspor biasanya mulai dari 4 ekor perkilo harganya minimal Rp 150 ribu dan yang bertelur bisa mencapai Rp 250 ribu “, kata Sugoto pengepul Kepiting Hijau asal desa Kedungkarang pada kabarseputarmuria Minggu 2/3/2023

Sugoto mengatakan usaha yang dirintis mertuanya ini sudah ada 40 tahun .Namun ia bersama istrinya baru 10 Tahun berkecimpung dalam jual beli kepiting .Ia membeli kepiting langsung dari pemburu dan petambak selain itu ia juga membeli dari pengepul kecil. Setelah terkumpul banyak iapun membawa dagangannya ke Pengepul besar untuk di ekspor ke Luar negeri. Selain itu ada pula pembeli eceran yang langsung datang ke rumahnya.

Kepiting hijau kualitas ekspor

” Setelah kita sortir sesuai dengan kondisi kepiting kemudian kita pak dan bawa ke pengepul di Demak .Tidak itu saja bagi pembeli eceran juga kami layani apalagi uang sudah langganan.Mereka sering hubungi kita bila butuh kepiting hijau “, kata Bang Goto yang asli Malang.

Dulu ketika covid merebak di Indonesia usahanya lesu karena pasar ekspor di tutup harga kepitingpun turun drastis . Ia berdagang hanya melayani pasar lokal yang tidak begitu banyak pembeli. Selain harganya yang murah juga penjualan sedikit sehingga hasilnya pun tidak begitu banyak. Jadi hanya bertahan saja agar tidak tutup usaha.

Namun saat ini pasar ekspor mulai di jika kembali sehingga penghasilan harian pun mulai jalan lagi. Selain itu harganya kembali stabil sehingga para pengepul Kepiting kembali bersemangat untuk bekerja. Dalam jangka 10 tahun membuka usaha ia merasakan usaha mengepul ini bisa untuk menghidupi keluarganya. Permintaan akan kepiting ini setiap waktu terus naik.(Muin)