Jepara– MAN 1 Jepara terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan bagi peserta didiknya, salah satu layanannya adalah pendampingan studi lanjut. Tahun pelajaran 2022/2023 ini, sebanyak 108 peserta didik diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan rincian 28 siswa diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), 77 siswa melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) yang 3 orang mendapatkan golden ticket masuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) berkat juara 1 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

 

Merujuk data akademik madrasah, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2018/2019-2022/2023)  sebanyak 361 Siswa diterima diperguruan tinggi diterima melalui jalur prestasi baik melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Rinciannya 95 siswa diterima melalui jalur SNMPTN, 263 siswa melalui SPAN-PTKIN, dan tahun ini 28 siswa plus 3 yang diterima di IPB melalui golden ticket” jelas  Hamidun Nafi’ Syifauddin, Ketua tim studi lanjut.

Wakil Kepala Bidang Akademik, Tafrikan menambahkan jumlah siswa yang lolos PTN mengalami peningkatan cukup signifikan. “Jika kita flashback ke tahun pelajaran 2018/2019, hanya 4 siswa yang lolos PTN melalui jalur prestasi SNMPTN dan 54 melalui jalur SPAN-PTKIN.  Tahun ini, alhamdulillah jumlahnya mencapai 108. Hal ini tidak terlepas dari pendampingan tim studi lanjut dalam membimbing siswa agar selalu berkeinginan untuk melanjutkan belajar hingga perguruan tinggi. Selain itu, komunikasi kepada orang tua/wali tentang pentingnya studi lanjut membuahkan hasil. Pemikiran orang tua sudah mulai berubah, 5 tahun lalu, orang tua berpikir anaknya cukup menyelesaikan studinya hingga tingkat menengah. Bagi sebagian orang, kuliah adalah pilihan kedua,” ujar Tafrikan.

Sementara itu Kepala MAN 1 Jepara, Ahmad Rif’an menyampaikan bahwa siswa yang diterima di PTN  harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, belajar  sungguh-sungguh sehingga dapat sukses dibidangnya masing-masing.

“Kedepannya, kami telah mempersiapkan strategi khusus untuk sukses menembus PTN. Tim studi lanjut yang merupakan kolaborasi antara tim akademik dan BK Peduli  menyiapkan program khusus untuk  mengantarkan siswa meraih sukses masuk PTN yang diinginkan. Upaya pendampingan dimulai sejak kelas XI semester 1, siswa akan diarahkan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Target kami, sebanyak 70 hingga 80% siswa kelas XII akan melanjutkan kuliah”, ujar Rifan.

Pak Rifan, begitu panggilan akrabnya juga menyampaikan jika kesuksesan alumni MAN 1 Jepara akan berdampak pada adik kelas dan generasi berikutnya. “Madrasah dulunya dipandang sebelah mata, menjadi pilihan

kedua. Tetapi, saat ini kami membuktikan madrasah mampu berprestasi, Madrasah meraih kepercayaan (trust) dari masyarakat.,” pungkasnya.

Selamat untuk seluruh siswa yang diterima di PTN, semoga sukses!!! (zk/rp)

Sumber : www.man1jepara.sch.id

kedua. Tetapi, saat  mampu berprestasi, Madrasah meraih kepercayaan (trust) dari masyarakat.,” pungkasnya.

Selamat untuk seluruh siswa yang diterima di PTN, semoga sukses!!! (zk/rp)