Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV ) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya,tinggal hitungan bulan. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan adanya Logo dan Maskot sebagai bagian identitas serta ikon penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya.

Sebelumnya Plt Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Tengah Bona Ventura Ateng
Sulistiana, S.H.MH menerbitkan Surat Keputusan Nomor 35/SK/XI/2022 Tentang Pengesahan Nama-Nama Panitia Pelaksana Kegiatan Lomba Logo Dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah XVI Tahun 2023, tanggal 10 November 2022.

Bahwa Lomba Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya telah dilaksanakan oleh panitia lomba dan terpilih hasil karya Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya.

Selanjutnya untuk tertib administrasi dan tertib organisasi serta kepastian hukum, hasil lomba Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya dipandang perlu ditetapkan dalam Surat Keputusan Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Tengah. Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya.

KONI Provinsi Jawa Tengah dengan Pimpinan Daerah dan KONI Kabupaten se Pati Raya tanggal 16 Februari 2023 menyetujui Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah XVI Tahun 2023 dapat dipergunakan sebagai Logo dan Maskot oleh peserta PORPROV Jawa Tengah XVI Tahun 2023 di Pati Raya; : Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah, ditetapkan di Semarang, 02 Februari 2023 dengan Surat Keputusan No 018/SK/II/2023 tentang Penetapan logo dan maskot Porprov Jawa Tengah XVI tahun 2023 di Pati Raya yang di tanda tangani Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Ateng
Sulistiana, S.H.MH . Ketua KONI Kabupaten Pati H.Mustamaji menyampaikan bahwa Desain Logo dan Maskot Porprov Jawa tengah ke XVI tahun 2023 ini merupakan hasil karya yang menggambarkan ikan bandeng.

“Logo dan Maskot ini dibentuk oleh beberapa elemen dasar yang diambil dari ciri khas kota pati raya yaitu: Ikan Bandeng: Lambang ini diambil sebagai ikon dari kota pati raya sebagai penghasil ikan bandeng ikan bandeng berwarna serupa dengan ring olimpiade bermakna bahwa pati raya sebagai tuan rumah dari POPROV XVI Jawa Tengah pada tahun 2023, Padi, Daun, Samudera dan Laut .Lambang ini mewakili para petani dan nelayan Kota Pati Raya, 3 (tiga) lingkaran olimpiade sebagai representasi prinsip olahraga, yaitu prestasi (lingkaran merah). sportifitas (lingkaran kuning), dan solidaritas (lingkaran hijau)” terangnya Kepada masyarakat kabupaten Pati Mustamaji berharap doa dan restunya agar atlet-atlet Kabupaten Pati sukses mengikuti Porprov Jawa tengah ke XVI tahun 2023 Agustus mendatang .( Agus )