Demak  – Salah satu oleh oleh atau buah tangan dari Demak yang harus dilirik adalah kue
wingko. Meskipun wingko bukan makanan asli Demak namun ada warga yang mengembangkan usaha ini agar Demak mempunyai produk oleh oleh yang khas. Ternyata produk wingko ini juga digemari warga sehingga pesanan terus berjalan. Nama produk oleh oleh khas Demak ini adalah Wingko “Fitri ” Jumbo.

Pemilik usaha rumahan ini adalah Agus Riyanto warga desa Tempuran RT 02 RW 02 kecamatan
Kota. Sebelum terjun ke usaha pembuatan kue wingko ini ia dulunya mekanik yang membuka
usaha bengkel. Usaha pembuatan makanan ini dulunya adalah usaha istri ,namun sejak istri
tiada  ia akhirnya banting stir menekuni usaha pembuatan wingko ini.

“Sebenarnya usaha awal saya bengkel dan istri buka usaha menerima pesanan makanan iseng
iseng membuat wingko dengan ukuran jumbo respon warga positif dan laku. Nah semenjak istri tidak ada itulah usaha wingko ini saya teruskan sampai sekarang tepatnya kalau tidak salah awal buat sekitar tahun 2017 dan sampai sekarang terus berjalan “, kata Agus Riyanto yang juga admin Grup FB Kuliner Demak.

Mas Agus bergambar bersama pembeli

Agus Riyanto mengatakan produk wingko buatannya ukurannya lebih besar daripada wingkolain di pasaran sehingga ia menamai wingko jumbo. Adapun diameter wingko ini sekitar 20 cm dan bobotnya kurang lebih 600 gram. Adapun yang istimewa selain rasa original wingko produknya ada beberapa pilihan rasa seperti coklat .nangka ,pisang, dan juga durian.
“Untuk produk yang selalu ada yaitu original dan coklat untuk rasa lain biasanya pesan dahulu. Misalnya untuk rasa durian juga tergantung dari musimnya jika sedang musim durian baru kita buat. Namun untuk rasa nangka,kacang dan pisang kalau pesan bisa kita buatkan. Pesan hari ini besok pagi diantarkan “, tambah Agus Riyanto

Selama hampir 5 tahun menekuni usaha membuat wingko Jumbo khas Demak ini Agus optimis dengan usahanya ini. Terlihat dari waktu ke waktu permintaan produk wingko Jumbo ini selalu naik. Untuk menjaga rasa dan juga kualitas produk saat ini ia sendiri yang membuat wingko jumbo ini mulai dari bahan baku sampai bahan jadi.
” Memang sayalah yang membuat wingko jumbo ini bahan utamanya ya kelapa, beras ketan putih, gula dan bahan bahan lain untuk perasa. Karena produk ini berbahan alami tanpa pengawet maka saya tidak berani membuat banyak. Saya utamakan pesanan dan sisanya saya jual di 3 tempat di Demak Alhamdulillah selalu habis “, tutur Agus.

 

 

Agus menambahkan wingko buatannya bisa bertahan hingga empat hari tanpa dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jika dimasukkan kulkas bisa bertahan satu minggu meski teksturnya agak keras jika dimakan. Adapun harganya tidak mahal karena satu buah wingko jumbo rasa  original pembeli hanya merogoh koceknya sebesar Rp 30 ribu untuk rasa Coklat dan yang lain  Rp 35 ribu ,  yang rasa durian Rp 45 ribu.
“Untuk pemasaran selain di Demak sendiri juga ada pesanan via onlie ke luar Demak bahkan
setiap hari Kamis ada pengiriman Wingko Jumbo ini ke Hongkong pemesannya adalah para TKI atau TKW Indonesia sebagai oleh oleh di sana. Mereka ketika libur hari Minggu merasakan makanan yang special dari negerinya sendiri “, kata Agus Riyanto lagi.

Nah bagi anda dimana saja yang ingin merasakan produk wingko jumbo “Fitri ” ini bisa datang di 3 outlet penjualan yaitu Bakso Balungan Mak jah Tempuran, Bejo Bakso halaman bioskop garuda Demak dan toko oleh oleh dan jajanan khas lebaran Yulia sebelah sweke saipah. Selain itu Owner Wingko “Fitri” Jumbo mas Agus Riyanto juga terima order via HP 085640243333 atau datang langsung ke dapurnya desa Tempuran RT 02 RW 02 Demak. (Pak Muin)